Siap-siap! Sempat Diunggah Roy Suryo, Polri Mulai Telusuri Dalang Pembuat Meme Stupa Candi Mirip Jokowi
Ilustrasi-(Foto: DOK ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Viral di media sosial meme stupa Candi Borobudur yang menyerupai wajah Presiden Joko Widodo. Polri menyatakan bakal mendalami dan menelusuri pelaku pembuat meme tersebut.

"Sedang didalami dan profiling oleh siber," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi, Selasa, 14 Juni.

Jenderal bintang dua ini juga mengingatkan kepada siapapun untuk lebih bijak dalam menggunakan media sosial. Sebab, sanksi pidana dapat menjeratnya.

"Karena jejak digital bisa dijadikan bukti dalam proses hukum sebagaimana di atur dalam Undang-Undang ITE," kata Dedi.

Belakangan diketahui Roy Suryo yang mengunggah meme stupa ornamen tubuh candi dengan wajah diduga mirip kepala negara. Foto itu diunggah melalui akun Twitternya @KRMTRoySuryo2.

Foto meme berlatar belakang Candi Borobudur itu diberi narasi yang menyentil rencana pemerintah mematok tarif masuk Candi Bodobudur dengan nominal tinggi.

"Mumpung akhir pekan, ringan-ringan saja twitnya. Sejalan dengan protes rencana harga tiket naik ke Candi Borobudur (dari 50rb) ke 750rb yang (sudah sewarasnya) DITUNDA itu, Banyak Kreativitas Netizen mengubah Salahsatu Stupa terbuka yang Ikonik di Borobudur itu, LUCU, he-3x AMBYAR,” tulis Roy Suryo dalam keterangan unggahannya.

Namun, Roy Suryo sudah menurunkan unggahan meme stupa Candi Borobudur yang menyerupai wajah Presiden Joko Widodo tersebut. Unggahan ini ramai dikritik karena dinilai menghina agama Buddha dan Jokowi. 

Dalam unggahannya, Roy menyebutkan, meme tersebut bukan dibuat oleh dirinya langsung melainkan oleh akun lain di Twitter.

"Agar tdk ada yg memprovokasi lagi & dianggap 'mengedit' krn ketidakfahamannya, Maka postingan tsb saya drop, case close," jelas Ro.

Bahkan, Roy turut mencantumkan akun yang pertama kali mengunggah meme tersebut.

"Jelas2 adh ada 2 Akun ASLI Pengunggah sebelumnya," cuit Roy dengan menyertakan URL link pengunggah.