Lebih dari 800 Masjid di Jerman Jadi Sasaran Serangan Sejak Tahun 2014: Pelakunya Ekstremis Sayap Kiri hingga Neo-Nazi
Ilustrasi masjid di Koln, Jerman. (Wikimedia Commons/Raimond Spekking)

Bagikan:

JAKARTA - Lebih dari 800 masjid di Jerman telah menjadi sasaran ancaman dan serangan sejak 2014, namun, kejahatan tersebut tidak diselidiki dengan benar di sebagian besar kasus, menurut Brandeilig, sebuah inisiatif oleh kelompok hak asasi FAIR International.

Kelompok tersebut mendirikan pusat pelaporan pertama di Jerman untuk serangan terhadap masjid dan mencatat hampir 840 insiden serangan, vandalisme, dan ancaman antara tahun 2014 dan 2022.

Analisis terperinci dari kejahatan pada tahun 2018 mengungkapkan, pelaku tetap tidak dikenal di sebagian besar kasus, memicu serangan lebih lanjut terhadap situs ibadah Muslim oleh neo-Nazi atau ekstremis sayap kiri.

"Secara umum, penanganan serangan masjid dapat dianggap sangat rendah," kata kelompok itu dalam sebuah laporan baru-baru ini, dilansir dari Daily Sabah 14 Juni.

Di antara 120 serangan yang tercatat terhadap masjid pada tahun 2018, para pelaku diidentifikasi hanya dalam sembilan kasus.

"Tingkat ini menimbulkan kekhawatiran," para ahli Brandeilig menekankan, menunjukkan bahwa dalam setidaknya 20 kasus, termasuk serangan pembakaran, tersangka dimaksudkan untuk menyebabkan kematian atau kerusakan tubuh yang parah.

"Secara umum, petugas polisi tiba di tempat kejadian dengan sangat cepat dan segera memulai penyelidikan. Namun demikian, hampir tidak ada insiden yang bisa diselesaikan hingga hari ini," ungkap para ahli.

muslim di jerman
Ilustrasi Muslim di Jerman. (Wikimedia Commons/Spielvogel)

Ekstremis sayap kiri dan pengikut kelompok teror PKK berada di balik beberapa serangan yang menargetkan masjid. Sementara sebagian besar dilakukan oleh ekstremis sayap kanan atau kelompok neo-Nazi, menurut laporan tersebut.

Diketahui, Jerman telah mengalami peningkatan rasisme dan kebencian anti-Muslim dalam beberapa tahun terakhir, didorong oleh propaganda kelompok neo-Nazi dan partai oposisi sayap kanan Alternatif untuk Jerman (AfD).

Jerman, negara berpenduduk lebih dari 83 juta orang, memiliki populasi Muslim terbesar kedua di Eropa Barat setelah Prancis. Di antara hampir 5,3 juta Muslim di negara itu, 3 juta berasal dari Turki.

Serangan Islamofobia telah meningkat, dengan Jerman melaporkan lebih dari 900 serangan terhadap Muslim dan organisasi Islam di seluruh negeri.

Menurut Neuer Osnabrücker Zeitung, setidaknya 901 serangan Islamofobia tercatat di Jerman pada tahun 2020, naik 2 persen dibandingkan tahun sebelumnya, di mana Kementerian Dalam Negeri mencatat 884 kejahatan yang akan dianggap Islamofobia.

Meskipun virus corona membatasi kehidupan publik, jumlah pelanggaran kriminal telah meningkat, termasuk merusak ruang dengan simbol Nazi, menulis ancaman dan merobek jilbab wanita.

Sebuah penyelidikan dari Partai Kiri Jerman tahun lalu menunjukkan, setiap hari sepanjang tahun 2019, sebuah masjid, lembaga Muslim atau perwakilan agama di Jerman menjadi sasaran serangan Islamofobia.

Selain itu, petugas rasis dalam kepolisian Jerman dengan sengaja menargetkan orang Turki dan minoritas lainnya dalam apa yang mereka sebut "perburuan orang Turki," menurut sebuah studi November 2020 tentang rasisme dan kekerasan polisi di negara itu.

Penelitian yang dilakukan oleh profesor Tobias Singelnstein dari Ruhr-University Bochum mengungkapkan, ada masalah struktural dalam kepolisian Jerman, dengan laporan penghinaan rasis, Islamofobia dan anti-Semit yang dikonfirmasi oleh petugas polisi dan kesaksian korban.