Facebook Tindak Tegas Akun Anti-COVID di Jerman
Facebook menghapus hampir 150 akun dan halaman yang terkait dengan anti-COVID di Jerman. (foto: unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Facebook menghapus hampir 150 akun dan halaman yang terkait dengan anti-COVID di Jerman, menyebabkan kerugian di dalam dan di luar platformnya.

Langkah ini disampaikan Facebook saat menerapkan kebijakan baru yang berfokus pada kelompok-kelompok yang menyebarkan informasi salah atau menghasut kekerasan.

Dalam perubahan terkait, tim keamanan Facebook memperluas taktik yang digunakan untuk menghapus operasi pengaruh menggunakan akun palsu untuk melakukan lebih banyak pemblokiran akses kelompok terkoordinasi dari akun pengguna nyata yang menyebabkan kerugian.

Mengutip Reuters, Jumat, 17 September, akun-akun di Facebook dan Instagram menyebarkan konten yang terkait dengan apa yang disebut gerakan Querdenken, sebuah kelompok berbeda yang memprotes tindakan penguncian di Jerman dan termasuk penentang vaksin dan masker, ahli teori konspirasi, dan beberapa ekstremis sayap kanan.

Postingan dari akun termasuk membuat klaim yang dibantah bahwa vaksin membuat varian virus dan yang lain berharap kematian pada petugas polisi yang membubarkan protes anti-lockdown yang keras di Berlin. Facebook juga telah bekerja selama beberapa bulan untuk menggunakan taktiknya melawan kerusakan sosial yang terkoordinasi.

Beberapa pemegang akun menggunakan akun individu dan akun duplikat untuk menyebarkan konten yang melanggar aturan Facebook tentang misinformasi COVID-19, ujaran kebencian, intimidasi, dan hasutan.

Menurut kepala kebijakan keamanan Facebook, Nathaniel Gleicher yang dikutip dari APNews perusahaan mencegah upaya terkoordinasi untuk menipu, bersama dengan konten berbahaya dan riwayat pelanggaran di masa lalu, "Hanya berbagi keyakinan atau afinitas dengan gerakan atau kelompok tertentu tidak akan cukup," ujarnya.

Badan intelijen domestik Jerman telah menempatkan beberapa pengikut Querdenker di bawah pengawasan karena gerakan tersebut menjadi semakin radikal dan protesnya telah menarik neo-Nazi dan ekstremis sayap kanan lainnya.