Facebook Bakal Lebih Agresif Menindak Grup dan Akun yang Terlibat dalam Aktivitas Berbahaya, Ini Penjelasannya
Tim keamanan Facebook menutup secara besar-besaran jaringan yang terlibat dalam operasi pengaruh. (foto; facebook)

Bagikan:

JAKARTA - Facebook kini mengambil pendekatan yang lebih agresif untuk menutup grup terkoordinasi dari akun pengguna yang secara nyata terlibat dalam aktivitas berbahaya di platformnya. Tindakan ini, menggunakan strategi yang sama yang diambil tim keamanan perusahaan media sosial asal AS ini terhadap kampanye yang menggunakan akun palsu.

Pendekatan baru, yang dilaporkan untuk pertama kalinya, menggunakan taktik yang biasanya diambil oleh tim keamanan Facebook untuk menutup secara besar-besaran jaringan yang terlibat dalam operasi pengaruh yang menggunakan akun palsu untuk memanipulasi debat publik, seperti peternakan troll Rusia.

Ini bisa berimplikasi besar terhadap bagaimana raksasa media sosial itu menangani gerakan politik dan gerakan terkoordinasi lainnya, yang melanggar aturannya. Apalagi, pada saat pendekatan Facebook terhadap pelanggaran pada platformnya berada di bawah pengawasan ketat dari anggota parlemen global dan kelompok masyarakat sipil.

Facebook mengatakan kini berencana untuk mengambil pendekatan tingkat jaringan yang sama dengan kelompok akun nyata yang terkoordinasi, yang secara sistematis melanggar aturannya misalnya melalui pelaporan massal. Selama ini banyak pengguna secara salah melaporkan konten atau akun target untuk mematikannya, atau brigading, sejenis pelecehan online di mana pengguna mungkin berkoordinasi untuk menargetkan individu melalui posting atau komentar massal.

Dalam perubahan terkait, Facebook mengatakan pada Kamis 16 September bahwa akan mengambil jenis pendekatan yang sama untuk kampanye pengguna nyata yang menyebabkan "kerusakan sosial terkoordinasi" di dalam dan di luar platformnya. Misalnya saat mengumumkan penghapusan gerakan Querdenken, sebuah gerakan pembatasan anti-COVID Jerman. .

Ekspansi ini, yang menurut juru bicara Facebook masih dalam tahap awal, berarti tim keamanan Facebook dapat mengidentifikasi gerakan inti yang mendorong perilaku tersebut dan mengambil tindakan lebih luas daripada perusahaan untuk menghapus posting atau akun individu.

Pada bulan April, BuzzFeed News menerbitkan laporan internal Facebook yang bocor tentang peran perusahaan dalam kerusuhan 6 Januari di Capitol AS dan tantangannya dalam mengekang gerakan 'Stop the Steal' yang berkembang pesat, di mana salah satu temuannya adalah Facebook telah " sedikit membuat kebijakan seputar bahaya otentik yang terkoordinasi."

Pakar keamanan Facebook, yang terpisah dari moderator konten perusahaan dan menangani ancaman dari musuh yang mencoba menghindari aturannya, mulai menindak operasi pengaruh menggunakan akun palsu pada tahun 2017, setelah pemilihan AS 2016 di mana pejabat intelijen AS menyimpulkan bahwa Rusia telah menggunakan media sosial atau platform media sebagai bagian dari kampanye mempengaruhi dunia maya. Namun klaim tersebut telah dibantah Moskow.

Facebook menjuluki aktivitas terlarang oleh kelompok akun palsu ini sebagai "perilaku tidak autentik yang terkoordinasi" (CIB), dan tim keamanannya mulai mengumumkan penghapusan besar-besaran dalam laporan bulanan. Tim keamanan juga menangani beberapa ancaman khusus yang mungkin tidak menggunakan akun palsu, seperti penipuan atau jaringan spionase dunia maya atau operasi pengaruh terbuka seperti beberapa kampanye media pemerintah.

Sumber mengatakan tim di perusahaan telah lama memperdebatkan bagaimana seharusnya campur tangan di tingkat jaringan untuk pergerakan besar akun pengguna nyata yang secara sistematis melanggar aturannya.

Pada bulan Juli, Reuters melaporkan unit perang informasi online tentara Vietnam, yang terlibat dalam tindakan seperti pelaporan massal akun ke Facebook, kadang kala juga menggunakan nama asli mereka. Facebook telah menghapus beberapa akun karena upaya pelaporan massal ini.

Facebook berada di bawah tekanan yang meningkat dari regulator global, pembuat undang-undang, dan karyawan untuk memerangi pelanggaran luas pada layanannya. Yang lain mengkritik perusahaan atas tuduhan penyensoran, bias anti-konservatif, atau penegakan yang tidak konsisten.

Perluasan model gangguan jaringan Facebook untuk memengaruhi akun otentik menimbulkan pertanyaan lebih lanjut tentang bagaimana perubahan dapat memengaruhi jenis debat publik, gerakan online, dan taktik kampanye di seluruh spektrum politik.

"Sering kali perilaku bermasalah akan terlihat sangat dekat dengan gerakan sosial," kata Evelyn Douek, dosen Hukum Harvard yang mempelajari tata kelola platform, seperti dikutip Reuters. "Ini akan bergantung pada definisi bahaya ini ... tapi jelas definisi orang tentang bahaya bisa sangat subjektif dan samar-samar."

Ada beberapa contoh aktivitas terkoordinasi yang terkenal di sekitar pemilihan AS tahun lalu. Mulai, dari remaja dan penggemar K-pop yang mengklaim mereka menggunakan TikTok untuk menyabot rapat umum untuk mantan Presiden Donald Trump di Tulsa, Oklahoma, hingga kampanye politik yang membayar pembuat meme online. Hal itu juga telah memicu perdebatan tentang bagaimana platform harus mendefinisikan dan mendekati kampanye terkoordinasi.