NFT Freddie Mercury Mulai Dijual untuk Amal AIDS
NFT Freddie Mercury sedang dilelang. (foto: newshub)

Bagikan:

JAKARTA - Empat karya seni non-fungible token (NFT) yang terinspirasi oleh mendiang vokalis Queen, Freddie Mercury, sedang dilelang untuk amal guna menandai peringatan ulang tahunnya yang ke-75.

Tiga di antaranya menunjukkan penggambaran dari penyanyi itu sementara yang keempat adalah penggambaran seperti mimpi dari sebuah grand piano putih dengan mahkota di bangkunya, yang dikelilingi oleh kolam ikan mas yang berenang.

Tiga artis memilih untuk menampilkan Mercury sendiri di NFT, dengan hanya gambaran suaka Blake Kathryn yang menuju ke arah yang berbeda. Gambar ini menampilkan piano putih mendiang vokalis dan mahkota merah di taman.

“Karya seniman Blake Kathryn, Chad Knight, Mat Maitland dan MBSJQ akan dijual dalam lelang berjangka waktu di pasar seni digital SuperRare selama 75 jam mulai 20 September,” kata penyelenggara.

"Tempat perlindungan Freddie adalah pondok tamannya, yang memiliki berbagai dekorasi elektrik melalui cinta yang mengakar dalam sentuhan gaya Victoria klasik dengan pengaruh Jepang," kata Kathryn.

Hasil lelang akan disumbangkan ke The Mercury Phoenix Trust, sebuah badan amal AIDS yang didirikan oleh anggota Queen, Brian May dan Roger Taylor, dan manajer band, Jim Beach, untuk mengenang penyanyi tersebut.

Pasar untuk NFT, aset crypto niche yang merupakan catatan kepemilikan barang digital berbasis blockchain seperti gambar atau video, saat ini telah melonjak, meskipun padangan skeptis telah memperingatkan euforia itu.

"Freddie Mercury meninggalkan brief kreatif yang sangat sederhana kepada dunia atas kematiannya. 'Anda dapat melakukan apa pun yang Anda inginkan dengan pekerjaan saya, jangan pernah membuat saya membosankan'," kata SuperRare dan Mercury Phoenix Trust dalam pernyataan bersama, Kamis, 16 September.

Freddie Mercury, yang mempelajari seni grafis dan desain, sedianya akan berusia 75 tahun pada 5 September. Dia meninggal karena pneumonia terkait AIDS pada tahun 1991.

Lebih dari 5 juta dolar AS telah dihabiskan untuk NFT dalam 30 hari terakhir, menurut data dari DappRadar. NFT dari game Axie Infinity saat menduduki puncak daftar sebagai NFT yang paling berharga.

Beeple, seniman digital yang memegang rekor untuk karya seni NFT dengan 69 juta dolar AS yang dia buat untuk karyanya 'Everydays - The First 5000 Days' dalam lelang di Christie's, menjual NFT seharga 6 juta dolar AS dengan hasil penjualannya disumbangkan ke Yayasan OpenEarth.