5 Lagu Terbaik Queen Berdasarkan Jenis Komposisinya
Queen (Instagram @officialqueenmusic)

Bagikan:

JAKARTA - Memilih 5 lagu terbaik Queen dari ratusan karya musik yang dimiliki legenda rock asal Inggris ini tidaklah mudah. Tolak ukurnya harus jelas. Tapi, kalau berdasarkan selera, sah-sah saja. 

Seperti diketahui para penggila musik rock, Queen terbentuk di London tahun 1970. Berselang dua tahun, Freddie Mercury (vokal, piano), Brian May (gitar, vokal), Roger Taylor (drum, vokal) dan John Deacon (bass) melepas album debut self-titled. Tapi, mereka baru masuk tangga musik di Inggris melalui album kedua, Queen II (1974). 

Album berikutnya, Sheer Heart Attack (1974) dan A Night at the Opera (1975) membawa Queen meraih kesuksesan internasional. Album yang disebut terakhir bahkan melahirkan lagu Bohemian Rhapsody, yang bertahan di posisi nomor satu di Inggris selama sembilan pekan dan membantu memopulerkan format video musik.

Lalu, album News of the World yang dirilis tahun 1977 melahirkan lagu tunggal We Will Rock You dan We Are the Champions, yang menjadi lagu kebangsaan di acara-acara olahraga. Pada awal 1980-an, Queen praktis menjadi salah satu band rock stadion terbesar di dunia. 

Another One Bites the Dust dari album The Game (1980) merupakan single terlaris Mercury dkk. Sedangkan album kompilasi rilisan 1981, Greatest Hits didaulat sebagai album terlaris di Inggris dan mendapat sertifikasi sembilan kali platinum di Amerika Serikat. 

Penampilan mereka di konser Live Aid 1985 termasuk di antara yang terbesar dalam sejarah rock menurut berbagai publikasi. Pada Agustus 1986, Mercury tampil untuk terakhir kalinya bersama Queen di Knebworth, Inggris.

Vokalis ikonik ini meninggal karena bronkopneumonia — komplikasi dari AIDS pada 1991. Sementara John Deacon pensiun pada 1997. Dan sejak 2004, May dan Taylor melakukan tur di bawah bendera "Queen +" bersama vokalis Paul Rodgers dan Adam Lambert.

Melihat rentetan kesuksesan Queen dan barisan lagu menterang yang mereka ciptakan, sungguh, terlalu pelit jika hanya memilih sedikit lagu saja untuk diceploskan ke dalam kategori 'terbaik'. Namun, bagaimanapun, VOI harus tetap memilih.

Berikut ini adalah 5 lagu terbaik Queen yang masing-masing mewakili jenis komposisinya. Ada hard rock, pop berbasis piano, funky, simfoni epik, dan anthemic.  

#5 Stone Cold Crazy

Album: Sheer Heart Attack (1977)

Serius, jangan pernah melupakan lagu ini. Stone Cold Crazy merupakan penegas bahwa Queen mampu memainkan komposisi musik rock yang menampar. Riff-riff gitar Brian May di sekujur lagu menderu bersama dentuman bass John Deacon dan pukulan drum John Taylor. Sangat gagah dan mengguncang! Tak heran jika Metallica membawakan ulang lagu ini dalam album cover bertajuk Garage Inc yang dirilis 1998.

#4 Love of My Life

Album: A Night at the Opera (1975)

Sebuah balada sentimental yang ditulis Freddie Mercury pada piano dan juga gitar. Love of My Life merupakan favorit konser, di mana Mercury seringkali berhenti di tengah lagu dan membiarkan penonton mengambil alih lini vokal. Setelah kematian Mercury, Brian May kerap mendedikasikan lagu itu untuk sang vokalis dalam pertunjukan live-nya. Sementara itu, band rock Extreme pernah membawakan lagu ini dalam konser Freddie Mercury Tribute di Stadion Wembley pada 1992. 

#3 Another One Bites The Dust

Album: The Game (1980)

Ditulis John Deacon pada tahun 1980, Another One Bites The Dust adalah lagu Queen paling funky. Lagu ini mencapai puncak tangga lagu di seluruh dunia dan telah di-cover oleh banyak artis lain. Konon, isian bass heavy di lagu tersebut terinspirasi dari lagu Good Times dari grup disko Chic.

#2 Bohemian Rhapsody

Album: Night at the Opera (1975)

Lagu Queen paling abadi dan dicintai sekaligus salah satu yang paling misterius. Karya klasik berdurasi enam menit itu ditulis Freddie Mercury, melanggar sebagian besar aturan penulisan lagu konvensional dengan mengubah paduan suara ala opera menjadi nada-nada liar sekaligus melodius. 

#1 We Will Rock You/We Are The Champions

Album: News of the World  (1977)

Benar apa yang ada dalam pikiran Anda, dua lagu ini bisa masuk dalam daftar lagu terbaik Queen tanpa harus digabungkan. Tetapi, rasanya aneh membicarakan satu lagu tanpa yang lain. Dalam album, posisi dua lagu ini berurutan sebagai pembuka. Sementara dalam konser, juga sering dimainkan berdempetan sebagai penutup. Selain itu, slot dalam daftar lagu terbaik ini juga sudah habis, kan?

Ditulis oleh Brian May, We Will Rock You merupakan lagu sederhana tentang gabungan entakan kaki dan tepuk tangan yang lantas digambarkan Queen sebagai pemancing gairah penonton dalam konser mereka. Lagu ini telah di-cover berbagai artis di seluruh dunia. Masih ingat bagaimana Axl Rose membawakannya bersama personel Queen tersisa di konser Freddie Mercury Tribute tahun 1992 silam? Penuh gairah, bukan?

Sementara itu, We Are The Campions telah menjadi lagu kebangsaan olahraga, terutama untuk merayakan kemenangan. Ditulis oleh Mercury, lagu ini menempati tangga musik berkali-kali. Pada tahun 2009, We Are The Campions dilantik ke dalam Grammy Music Hall of Fame.

Terkait