Bagikan:

JAKARTA - Queen dilaporkan baru saja menandatangani kesepakatan terkait akuisisi katalog musik mereka pada Sony Music. Angka senilai 1 milyar poundsterling, atau sekitar 20 triliun rupiah disebut jadi nilai transaksi tersebut.

Laporan itu dikonfirmasi oleh Variety dari sumber terpercaya. Kabarnya ada dua perusahaan musik besar yang tertarik untuk membelinya. Awal Juni lalu Sony dikabarkan sudah mengajukan tawaran senilai 16 triliun, tapi angka itu kemudian meningkat.

Pada akhirnya, katalog jatuh ke tangan Sony Music. Hampir seluruh katalog musik karya Brian May dkk akan diserahkan ke pihak label.

Adapun pengecualian yang tak termasuk di dalamnya adalah paten terkait live performance Queen. Seperti diketahui saat ini Brian dan Roger masih aktif manggung membawakan lagu-lagu hits bersama Adam Lambert sebagai vokalis.

Melihat katalog dan legacy yang ditinggalkan, angka tersebut memang layak untuk nama sebesar Queen. 'Bohemian Rhapsody' jadi salah satu lagu terbaik sepanjang masa, lahir dari kreativitas dan pemikiran liar para penggawa Queen, terutama Freddy Mercury.

Belum lagi karya-karya hits Queen seperti "We Will Rock You', 'Somebody to Love' hingga 'Love of My Life'. Lagu-lagu itu telah jadi bagian sejarah musik yang akan terus diapresiasi dari generasi ke generasi.