Bob Dylan Jual Hak Cipta Musiknya ke Universal
Bob Dylan (Instagram @@bobdylan)

Bagikan:

JAKARTA - Penyanyi Bob Dylan menjual seluruh hak cipta musiknya ke Universal Music Publishing setelah keluar dari label Sony Music.

Melansir NME pada hari ini, Selasa, 8 Desember, harga jualnya diperkirakan mencapai 300 juta dolar Amerika Serikat. Universal memiliki hak atas 600 lagu ciptaan Bob Dylan yang sebelumnya disimpan di Sony Music selama enam dekade.

Katalog ini termasuk beberapa lagu hits Bob Dylan seperti Make You Feel My Love, Forever Young, Blowin' in the Wind. Diketahui, 600 lagu ini ditulis oleh Bob Dylan selama berkarier di industri musik sekitar 60 tahun.

Ke depannya, Universal tidak perlu membagikan royalti dengan penulis lain.

"Bukan rahasia baru bahwa penulis lagu adalah kunci fundamental untuk semua musik, Bob (Dylan) adalah salah satu praktisi seni yang hebat," kata Lucian Grainge dari Universal Music Group.

Langkah ini diambil Bob Dylan sebagai cara untuk menata kehidupan finansialnya di umur 79 tahun. Ia memiliki beberapa anak (tidak ada angka yang dikonfirmasi) dan beberapa cucu. Album terakhirnya, Rough and Rowdy juga termasuk dalam perjanjian ini, tetapi lagu yang ia tulis masih di bawah kepemilikan Bob Dylan.

Pada tahun 2013, Bob Dylan menandatangani kontrak yang sama dengan Sony Music di mana ia meraih 4 juta dolar per tahun. Tetapi Universal ingin membeli katalog musiknya dan hal itu baru terwujud pada Desember 2020.