Stasiun Manggarai Masih Padat Penumpang, KAI Bakal Operasikan Stasiun Matraman
Antrean Stasiun Manggarai/Foto: Antara

Bagikan:

JAKARTA - VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba menyebut pihaknya bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan akan mengoperasikan Stasiun Matraman dalam waktu dekat.

Stasiun KRL Commuter Line yang akan dibuka ini berlokasi di jalan Matraman Raya, Jakarta Timur. Anne menyebut stasiun ini strategis untuk para pengguna yang berada di sekitar wilayah Matraman, Kampung Melayu, Jatinegara, dan Manggarai.

Sisi Timur stasiun langsung terhubung dengan jalan Raya Matraman dan terintegrasi dengan halte bus Trans Jakarta koridor 5.

Anne menuturkan, pembukaan Stasiun Matraman diharapkan bisa mengurai kepadatan penumpang di Stasiun Manggarai yang masih terjadi akibat adanya pengalihan rute atau switch over yang diterapkan sejak dua minggu lalu.

"Stasiun Matraman diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif bagi pengguna untuk naik dan turun selain di Stasiun Manggarai dan Stasiun Jatinegara serta penguna yang ada di sekitar wilayah stasiun tersebut," kata Anne dalam keterangannya, Senin, 13 Juni.

Anne menerangkan, Stasiun Matraman memiliki fasilitas pelayanan pengguna seperti loket, ruang pelayanan barang tertinggal, ruang laktasi, pos kesehatan, toilet, musala, fasilitas untuk pengguna disabilitas, lift dan eskalator serta area parkir.

"Untuk keamanan dan keselamatan stasiun ini juga dilengkapi juga dengan cctv, alat pemadam kebakaran (APAR), sistem alarm kebakaran serta penangkal petir," ucap dia.

Sebagai persiapan pengoperasian Stasiun Matraman, telah dilakukan uji coba perjalanan KRL, uji coba sistem persinyalan, serta uji coba prasarana-prasarana operasional perjalanan kereta api lainnya oleh KAI Commuter dan PT KAI Daop 1 Jakarta.

"Seluruh fasilitas pelayanan pengguna juga sudah dilengkapi dan dipastikan dapat berfungsi dengan baik sebelum pengoperasian stasiun ini," tutur Anne.

Sejak berlakunya pola operasi perjalanan KRL yang baru, tercatat tren pengguna di Stasiun Manggarai pada hari kerja tercatat sebanyak 5,6 juta lebih orang atau rata-rata 622.952 orang per hari, dengan volume tertinggi pada tanggal 6 Juni lalu yaitu sebanyak 640.286 orang.

Sedangkan, volume pengguna pada akhir pekan atau hari libur sebanyak 2,3 juta lebih orang atau rata-rata 462.249 orang per hari, dengan volume tertinggi pada tanggal 4 Juni yaitu sejumlah 500.761 orang.

Sementara itu, volume pengguna KRL yang transit di Stasiun Manggarai pada dua minggu terakhir rata-rata sebanyak 135-145 ribu orang, dengan volume pengguna transit tertinggi pada Senin, 6 Juni lalu sebanyak 144.855 orang.

Lalu, rata-rata volume per hari pengguna KRL yang naik di Stasiun Manggarai sebanyak 12.423 pengguna dan rata-rata volume per hari pengguna yang turun sebanyak 12.858 pengguna.