Diundur Sehari, Uji Coba Stasiun Matraman Dimulai Besok
Ilustrasi(DOK Kemenhub)

Bagikan:

JAKARTA - Pembangunan Stasiun Matraman telah selesai dibangun. Mulai Jumat, 17 Juni besok, KAI Commuter, DJKA Kemenhub, dan PT KAI Daop 1 Jakarta akan melakukan uji coba pengoperasian Stasiun Matraman. Pelaksanaan uji coba ini mundur satu hari dari sebelumnya direncanakan pada hari ini.

Diprediksi, Stasiun Matraman akan melayani rata-rata pengguna sebanyak 2.203 orang per hari, dengan prediksi jumlah pengguna yang naik 1.100 orang dan pengguna yang turun sebanyak 1.103 orang pengguna.

"Stasiun Shelter Matraman ini diharapkan dapat melayani pengguna KRL yang berada di sekitar wilayah jalan Matraman dan wilayah Kampung Melayu," kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam keterangannya, Kamis, 16 Juni.

Anne menuturkan, Stasiun Matraman berlokasi tepat di Km 1 +400 lintas antara Stasiun Jatinegara – Manggarai. Ia menegaskan, Stasiun Matraman merupakan stasiun yang hanya melayani operasional naik dan turun pengguna KRL.

"Stasiun Shelter ini bukan sebagai stasiun pengaturan perjalanan Kereta Api seperti Stasiun Jatinegara atau pun Stasiun Manggarai. Karena fungsinya inilah, maka stasiun tersebut termasuk Stasiun Shelter," ucap dia.

Anne mengklaim letak Stasiun Matraman ini sangat strategis sisi timur Stasiun Shelter langsung terhubung dengan jalan Raya Matraman, Jakarta Timur dan terintegrasi dengan halte bus Trans Jakarta Koridor 5 sehingga akan memudahkan pengguna KRL untuk melanjutkan perjalanannya menggunakan moda transportasi lain.

"Diharapkan dengan pembangunan infrastruktur perkeretaapian berupa Stasiun Shelter ini, layanan bagi masyarakat pengguna kereta api khususnya pengguna KRL akan semakin nyaman dan dimudahkan dalam menggunakan transportasi kereta api," tutur Anne.

Sebagai informasi, Stasiun Matraman ini sendiri merupakan lanjutan dari proyek strategis pemerintah dalam pembangunan Infrastruktur Perkeretaapian yaitu Double-Double Track (DDT) pada lintas Manggarai – Cikarang, yang dimulai sejak tahun 2016.

Area lantai dasar Stasiun Matraman ini adalah sebagai area pelayanan pengguna dan lantai 1 sebagai area peron tunggu KRL. Sarana pada lantai dasar terdiri dari Loket, pintu elektronik masuk dan keluar area stasiun, toilet Pria/Wanita dan toilet difabel, musala, ruang kesehatan, ruang staf stasiun, dan Ruang pelayanan barang tertinggal, serta area pelayanan pengguna lainnya.

Lalu, lantai satu Stasiun Matraman dengan luas 588 M² difungsikan sebagai peron sebagai tempat tunggu naik KRL pada jalur 1 dan jalur 2. Stasiun Matraman ini dilengkapi dengan fasilitas tangga manual, escalator dan lift untuk penungguna prioritas, serta tempat parkir untuk kendaraan bermotor.