Diajak PKS Gabung Koalisi Semut Merah, NasDem Fokus Rakernas Umumkan 3 Nama Capres
Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya/DOK VOI- Nailin In Saroh

Bagikan:

JAKARTA - Partai NasDem merespons ajakan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk bergabung ke dalam rencana Koalisi Semut Merah yang dibentuk bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). 

Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya menegaskan, partainya masih fokus mempersiapkan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang akan digelar 15-17 Juni mendatang. 

Willy mengatakan, Rakernas tersebut akan menetapkan satu dari tiga opsi nama calon presiden yang akan diusung NasDem di Pilpres 2024. Setelah itu, kata dia, NasDem baru akan menentukan siapa mitra koalisi untuk mengusung capres yang sama. 

"Sejauh ini NasDem masih fokus pada Rakernas untuk mengumumkan tiga nama. Setelah itu baru kita akan membahas koalisi," ujar Willy saat dihubungi, Jumat, 10 Juni. 

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai NasDem Johnny G. Plate juga mengatakan partainya baru akan membahas soal koalisi setelah ada sosok capres yang ditetapkan pada 15-17 Juni 2022.

“NasDem tidak membentuk koalisi sebelum ada capres,” kata Plate, Rabu, 7 Juni.

Diketahui, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) membuka pintu untuk Partai NasDem dan Demokrat jika ingin bergabung ke dalam Koalisi Semut Merah bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). 

Aboe menuturkan, koalisi ini hanya membutuhkan satu partai lagi untuk bisa memenuhi syarat mengusung capres dan cawapres. 

 "Welcome, kita siap dengan NasDem, Demokrat, kita siap juga dengan yang lain," ujar Sekjen PKS Aboe Bakar Alhabsyi di Jakarta, Jumat, 10 Juni.