Tunggu NasDem, Demokrat dan Gerindra Gabung, PKB: Koalisi Semut Merah Jadi Koalisi Naga Merah
Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid, yakin mampu membentuk Koalisi Naga Merah (foto: dok. ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menunggu Partai Demokrat, NasDem dan Gerindra untuk bergabung ke Koalisi Semut Merah. Jika ketiganya masuk, PKB menyebut koalisi yang digagas bersama Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu akan paten berubah menjadi Koalisi Naga Merah.

“NasDem, Demokrat, Gerindra belum (menentukan koalisi). Nah, kalau ini tiba-tiba gabung, bukan Semut Merah itu, tapi bisa jadi Koalisi Naga Merah,” ujar Wakil Ketua Umum DPP PKB Jazilul Fawaid, Sabtu, 18 Juni.

Jazilul mengatakan, komunikasi antar partai politik hingga saat ini terus berjalan. Dia kembali menjelaskan bahwa Koalisi Semut Merah muncul karena PKB-PKS sama-sama merupakan parpol menengah.

Menurut Wakil Ketua MPR itu, partai-partai kecil ini ketika menjalin koalisi dengan partai yang lebih besar, justru kurang mendapatkan peran dalam koalisi. Namun meski koalisi ini diisi oleh partai-partai kecil, kata Jazilul, jika ada banyak partai yang bergabung maka akan menjadi koalisi besar.

“Kita sering berkoalisi dengan 'gajah' (partai besar) di satu tempat, semutnya (partai kecil) juga enggak dapat peran apa-apa,” katanya.

Jazilul pun tidak takut jika nantinya partai-partai kecil ini bertarung dengan partai gajah di Pilpres 2024. Asalkan, kata dia, pertarungan berlangsung sportif dan tanpa saling curiga.

“Semut merah ini ‘kan bisa masuk ke lubang-lubang kecil. Tapi kendati kecil kalau menggigit sakit juga,” sebutnya.