Pak Anies Baswedan Jangan Diam Saja, Usul Sejarawan Soal Ganti Nama JIS Menjadi Stadion MH Thamrin Harus Dijawab
Pengunjung memasuki kawasan Jakarta International Stadium (JIS) dari sisi barat, di Jakarta Utara, Minggu (13/3/2022) ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

Bagikan:

JAKARTA - Anggota DPRD DKI Jakarta Syarif meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan maupun jajaran Pemprov DKI untuk merespons secara terbuka usulan penggantian nama Jakarta International Stadium (JIS) menjadi Stadion MH Thamrin oleh sejarawan JJ Rizal.

"Usulan itu bagian dari aspirasi masyarakat. Pemprov sudah sepatutnya merespon lalu melalukan pembicaraan dan pengkajian," kata Syarif saat dihubungi, Jumat, 10 Juni.

Meski demikian, Syarif menyebut bukan berarti Anies harus langsung mengabulkan keinginan pergantian nama stadion berkelas internasional tersebut.

Sebab, usulan terkait hal ini bukan hanya dikemukakan oleh JJ Rizal saja. Ada juga pihak lain yang meminta Anies mengganti nama JIS dengan menggunakan bahasa Indonesia.

"Soal penamaan, ya diambil keputusan yang terbaik, lah. Harus mempertimbangkan banyak hal. Aspirasi masyarakat kan ada juga yang menghendaki namanya JIS. ada juga yang menghendaki langsung bahasa indonesia full, atau sekarang nama tokoh. Sebagai usulan itu bagus. Pemerintah harus mendengar itu," urainya.

Sebelumnya, Sejarawan JJ Rizal meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan pengubahan nama Jakarta International Stadium (JIS) menjadi Stadion M. H. Thamrin saat grand launching pada 25 Juni mendatang.

Rizal mengatakan dirinya dan sejumlah pegiat budaya betawi lainnya telah mengirimkan surat secara resmi kepada Anies beberapa bulan lalu atas usulan perubahan nama stadion berkelas internasional tersebut.

"Semoga saja berhasil nanti gubernur mengumumkan namanya Stadion M. H. Thamrin secara resmi pada 25 Juni 2022," kata Rizal dalam pesan singkat, Senin, 6 Juni.

Rizal mengaku usulan perubahan nama JIS menjadi Stadion M. H. Thamrin telah disampaikan langsung kepada Anies sejak tahun 2019 dalam acara Festival 125 tahun M. H. Thamrin di lapangan VIJ.

Usulan ini kembali disampaikan kepada Anies saat pembangunan JIS mencapai 70 persen. Saat itu, Anies mengundang Rizal dan sejumlah rekan untuk bermain sepak bola di lapangan latih JIS.

"Jadi, perjuangan agar bangunan monumental itu diberi nama M. H. Thamrin sudah sejak awal tahun 2019 dilakukan," ungkap rizal.