Masih Banyak Warga yang Tidak Sadar Hari Ini Lahirnya Pancasila, dan Banyak Juga yang Tidak Hafal
Persatuan Perempuan Peduli Pancasila (P4) Jakarta Timur melakukan sosialisasi Pancasila kepada warga/ Foto: Rizky Sulistio/ VOI

Bagikan:

JAKARTA - Memperingati Hari Kelahiran Pancasila pada 1 Juni 2022, Persatuan Perempuan Peduli Pancasila (P4) Jakarta Timur yang beranggotakan sejumlah ibu-ibu melakukan sosialisasi kepada masyarakat di sepanjang Jalan Otista Raya, Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu, 1 Juni.

Sosialisasi yang diberikan adalah menanyakan perihal "Bunyi Pancasila" dari sila kesatu hingga kelima. Namun pada kenyataannya, setelah sejumlah ibu-ibu menanyakan kepada masyarakat, masih banyak yang tidak mengetahui atau bahkan telah lupa dengan "Bunyi Pancasila".

Seperti yang ditemukan di sisi Jalan Otista Raya. Seorang wanita pedagang kaki lima ketika ditanya mengenai isi bunyi dari Pancasila hanya menyebutkan sila pertama. Pedagang tersebut tidak dapat melanjutkan sila berikutnya karena beralasan lupa tidak menghafalnya.

Meski begitu, rombongan ibu-ibu P4 pun memberikan sosialisasi dan pemahaman Pancasila kepada pedagang itu.

Selanjutnya, rombongan ibu-ibu mendatangi salah satu pengojek online yang berada di pinggir Jalan Otista Raya, tepatnya di dekat Terminal Kampung Melayu.

Pengojek online bernama Novita ini ketika ditanya mengenai bunyi Pancasila pun mengetahuinya dan hafal. Pria yang bekerja sebagai ojek online selama 6 tahun itu menyebutkan sila pertama hingga sila kelima dalam waktu singkat.

"Ini saya agak merinding nih (menyebutkan bunyi Pancasila). Jiwa kenegaraan saya sangat tinggi. Jadi masih hafal Pancasila diluar kepala," katanya kepada VOI di lokasi, Rabu, 1 Juni.

Sementara Ketua Persatuan Perempuan Peduli Pancasila (P4) Jakarta Timur, Diana Murni mengatakan, pihaknya memperingati hari lahirnya Pancasila tidak melalui media sosial, namun menyapa masyarakat.

"Kita menanyakan mereka karena banyak masyarakat tidak tahu bahwa hari ini hari lahirnya Pancasila. Kita sekaligus sosialisasikan hari lahirnya Pancasila kepada masyarakat," katanya.

Dari beberapa masyarakat yang ditemui, Diana mengakui masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui bahwa hari ini merupakan hari lahirnya Pancasila.

"Hari ini kami sosialisasikan hari lahir Pancasila. Kepada masyarakat, kami tekankan betapa pentingnya nilai Pancasila di kehidupan sehari - hari," ucapnya.