Radar Canggih Rusia Mampu Awasi Laut Hitam, Lacak 400 Objek Bersamaan di Area Seluas 150 Ribu Kilometer Persegi
Ilustrasi radar. (Wikimedia Commons/Ingmar Runge)

Bagikan:

JAKARTA - Radar over-the-horizon Podsolnukh-E Rusia yang canggih dapat memastikan cakupan zona Laut Hitam, mendeteksi kapal dan pesawat di daerah tersebut, Direktur jenderal Institut Penelitian Ilmiah untuk Komunikasi Radio Jarak Jauh (NIIDAR) dan Grup Sistem RTI Yury Anoshko

"Sejauh menyangkut stasiun radar, sistem tipe Podsolnukh dapat mengatasi tugas menutupi perairan negara bagian kita," katanya kepada TASS seperti dikutip 29 Mei.

"Lokasi yang diduga di pantai Laut Hitam telah dipilih, baik di Kaukasus maupun Krimea," tandasnya.

Menurut Anoshko, produksi dapat dimulai dalam waktu enam bulan setelah menerima instruksi dari Kementerian Pertahanan Rusia.

Radar gelombang permukaan di atas cakrawala Podsolnukh dikerahkan di pantai, untuk mendeteksi target laut dan udara pada jarak tidak kurang dari 400 kilometer. Stasiun ini dapat mendeteksi dan melacak sekitar 300 objek laut dan 100 objek udara secara bersamaan dalam mode otomatis.

Sejauh ini, tiga radar tipe Podsolnukh sudah beroperasi dengan Angkatan Laut Rusia. Mereka diposisikan di tepi Laut Kaspia, Laut Jepang dan Laut Okhotsk.

Ditambahkannya, pelanggan asing menunjukkan minat pada stasiun radar luar angkasa ini, sementara komunikasi dijalin dengan calon pembeli potensial.

"Saya dapat mengatakan bahwa ada minat nyata pada Podsolnukh-E dan Laguna-I dan kami sekarang melakukan pekerjaan aktif dengan pelanggan potensial," tukasnya.

Diketahui, Podsolnukh-E mengontrol situasi laut dan udara dan mengirimkan data ke pos komando sistem pengawasan pantai dan penjaga pantai nasional, untuk keputusan cepat tentang penggunaan senjata, pengerahan pasukan hingga kapabilitas.