Bagikan:

JAKARTA - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berterima kasih dan mengapresiasi perjuangan tentaranya, saat ia mengunjungi pasukan garis depannya, menandai pertama kali penampilan resmi di luar Kyiv.

Presiden Zelensky melakukan kunjungan ke posisi garis militer Ukraina selama mengunjungi wilayah Kharkiv. Dalam kesempatan tersebut, ia ingin mengetahui secara langsung situasi pertempuran di sana.

Selain itu, ia juga memberikan penghargaan dan apresiasi langsung terhadap prajuritnya, sambil melakukan dialog dengan mereka yang disebutnya sebagai pahlawan pembela Ukraina.

"Saya ingin berterima kasih kepada Anda masing-masing atas dedikasi Anda. Anda mempertaruhkan hidup Anda untuk kita semua dan negara kita. Terima kasih telah membela kemerdekaan Ukraina. Jaga dirimu sendiri!" ujar Presiden Zelensky di situs resmi kantor kepresidenan, seperti dikutip 30 Mei.

Sementara itu, Kepala Staf Presiden Zelensky, Andriy Yermak, menulis di aplikasi Telegram, presiden juga berkeliling kota terbesar kedua di Ukraina, Kharkiv.

Melansir Reuters, Yermak mengatakan Presiden Zelensky mengunjungi langsung sejumlah bangunan yang hancur, menekankan bangunan pengganti nantinya harus dilengkapi dengan tempat perlindungan dari bom.

Kepala staf presiden menambahkan, 31 persen dari wilayah wilayah Kharkiv saat ini diduduki oleh Rusia, sementara 5 persen lainnya berhasil direbut kembali oleh Ukraina, setelah sebelumnya diduduki pasukan Moskow.