Ini Kata Jakpro Soal Atap Tribun Penonton Sirkuit Formula E Jakarta Roboh
Ajang balap mobil listrik Formula E (Instagram @fiaformulae)

Bagikan:

JAKARTA - Atap tribun penonton sirkuit Formula E Jakarta di Ancol, Jakarta Utara, ambruk. Bagaimana tanggapan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku penyelenggara ajang balap mobil listrik itu di DKI?

Direktur Utama PT Jakarta Propertindo, Widi Amanasto mengatakan belum dapat berbicara banyak soal kejadian tersebut. Dia meminta waktu untuk menjelaskan lebih jauh tentang ambrolnya atap tribun sirkuit Formula E.

"kita tunggu nanti. Lebih detail saya rasa bukan saatnya ini, kan di sini (CFD)," kata Widi kepada wartawan di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu, 29 Mei.

Sebelumnya diberitakan, atap tribun penonton Formula E Jakarta ambruk akibat hujan deras disertai angin kencang yang melanda sirkuit Formula E Jakarta International E-Prix Cricuit (JIEC) Ancol pada Jumat, 27 Mei malam.

Menanggapi hal ini, Ketua Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta Anggara Wicitra Sastroamidjojo meminta insiden ini menjadi perhatian serius bagi penyelenggara dan pantia pelaksana balapan. Mengingat, pelaksanaan balapan berlangsung enam hari lagi, yakni 4 Juni 2022.

"Panitia harus segera berbenah, waktunya sudah sangat mepet, kami berharap panitia bisa memastikan pada hari pelaksanaan tidak ada kejadian serupa karena akan mengorbankan keselamatan orang-orang yang ada di sana," kata Anggara dalam keterangannya, Minggu, 29 Mei.

Anggara berharap panitia bisa mencegah agar insiden serupa tidak terulang. Sebab, lanjut dia, pembangunan sirkuit permanen ini hanya diselesaikan dalam waktu tiga bulan.

"Kita harus dapat pastikan bahwa semuanya ideal untuk hari pelaksanaan dari segala sisi.

“Selain masalah keselamatan, gengsi di mata internasional harus dijaga. Tetapi tentunya walaupun kegiatannya sudah terlaksana, semua ini nantinya harus dipertanggungjawabkan karena mengingat ada uang APBD yang digunakan dalam pembiayaan kegiatannya," tandasnya.