H-6 Formula E Jakarta: Persiapan Balapan Tinggal 2 Persen, Atap Tribun Penonton Sempat Roboh
Sirkuit Formula E Jakarta JIEC Ancol pada Rabu 12 Mei. (ANTARA-M Adimaja)

Bagikan:

JAKARTA - Penyelenggaraan Formula E Jakarta terhitung enam hari lagi. Persiapan pembangunan semua sarana di lokasi balapan tinggal 2 persen lagi. Sejumlah kategori tiket penonton juga sudah ludes terjual. Namun, sempat terjadi insiden atap tribun penonton roboh diterjang angin kencang.

Pihak panitia ajang balap Formula E Jakarta menyebut persiapan kegiatan yang bakal digelar pada Sabtu, 4 Juni mendatang telah mencapai 98 persen. Project Managemen Office Formula E Farid Subkhan mengatakan, saat ini mereka tinggal melakukan penyelesaian akhir.

"Kalau dibilang targetnya 100 persen, sudah 100 persen. Tapi secara overall sebenarnya 98 persen karena tinggal hal kecil seperti beautifikasi track Formula E," kata Farid di acara diskusi daring yang ditayangkan di YouTube, Sabtu, 28 Mei.

Farid kemudian menjelaskan beautifikasi yang dimaksud berupa mempersiapkan hiburan maupun unit kegiatan masyarakat (UKM). Langkah ini penting karena nantinya ada pengisi acara yangd dipersiapkan untuk menghibur para penonton maupun pengunjung Ancol.

Sedangkan untuk persiapan balapan, saat ini sudah 100 persen. Pada Sabtu, 28 Mei kemarin panitia pelaksana atau organizing committee melaksanakan rapat terakhir dengan Formula E Operation (FEO).

"Ini rapat dengan tim FEO, Formula E Operation untuk memastikan semua on track dari A-Z, baik itu infrastruktur, perizinan, tiket, distribusi tiket, keamanan, food and beverage, hiburan, artis dan lainnya," ungkap Farid.

Lebih lanjut, Farid menuturkan bahwa sejumlah kategori tiket penonton sudah habis terjual. Di antaranya adalah kategori VIP, VVIP, dan Grandstand yang berada di dalam arena sirkuit.

Sementara itu, tiket kategori Circuit Festival yang berada di dalam kawasan sirkuit dan Ancol Festival di luar sirkuit masih banyak yang belum dibeli.

"Hanya tersedia yang Circuit Festival sama Ancol Festival yang tidak bisa akses ke sirkuit. Jadi, 20 ribu (tiket penonton) yang di sirkuit sudah sold out semua, kecuali hanya beberapa yang (kategori) festival, yang berdiri," urai Farid.

Di tengah mepetnya persiapan jelang balapan, terjadi insiden ambruknya atap tribun penonton di arena sirkuit. Direktur Utama PT Jakpro sekaligus Managing Director Organizing Committee Jakarta E-Prix 2022 Widi Amanasto mengatakan ambruknya atap tribun penonton kategori Grandstand itu pada Jumat, 27 Mei malam, disebabkan hujan deras yang mengguyur Ibu Kota.

"Cuma satu atap di Grandstand (yang ambruk) karena belum selesai konstruksinya saja. Alhamdulillah tidak ada korban. Tim FEO sedang menangani ini," ucap Widi saat dikonfirmasi.