Bagikan:

JAKARTA - Jepang mulai memberika suntikan vaksin virus corona keempat. Namun vaksin ini akan menjadi prioritas bagi para manula.

Orang yang boleh mendapat dosis ke empat ini adalah mereka yang berusia 60 dan lebih tua serta individu antara 18 dan 59 dengan kondisi kesehatan kronis, seperti penyakit pernapasan atau kondisi jantung, atau berisiko tinggi jadi parah jika terinfeksi virus corona, menurut ke kementerian kesehatan seperti dikutip dari Japan Today, Kamis 26 Mei.

Si calon penerima vaksin harus berjarak lima bulan dari vaksin sebelumnya. Para manula memang banyak yang sudah menerima dosis ketiga pada Januari lalu.

Jadi dosis keempat akan mulai gencar dilakukan Juni mendatang.

Prosedur untuk menerima tiket vaksin berbeda-beda tergantung pada pemerintah daerah setempat, dengan beberapa tiket dikirim langsung ke individu yang memenuhi syarat, sementara yang lain perlu diajukan.

Untuk memastikan kelayakan dan menghindari kebingungan, Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan meminta masyarakat untuk memeriksa dengan pemerintah daerah dan memperhatikan pengumuman publik.

Penelitian di luar negeri telah menunjukkan bahwa suntikan vaksin keempat dapat mencegah gejala COVID-19 yang parah berkembang pada orang di atas 60 tahun untuk jangka waktu tertentu.