Bagikan:

BENGKULU - Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko menargetkan pembangunan rumah sakit umum daerah (RSUD) baru terealisasi pada 2023. RSUD itu tipe pratama dialokasikan untuk warga yang bertempat tinggal jauh dari ibu kota kabupaten setempat.

"Pembangunan mulai tahun 2023, termasuk menyiapkan analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL) dan 'Detail Enggenering Desigen' (DID)," kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Mukomuko Jajad Sudrajat, dalam keterangannya di Mukomuko, Kamis 26 Mei.

Pemerintah setempat melalui Dinas Kesehatan sebelumnya mengusulkan pembangunan rumah sakit umum daerah pratama setelah Kementrian Kesehatan memunculkan menu kegiatan pembangunan rumah sakit umum daerah pratama.

Usulan pembangunan rumah sakit umum daerah pratama dari pemerintah daerah setempat diterima oleh pihak Kementrian Kesehatan untuk dibangun pada tahun depan.

Dia mengatakan, daerah ini akan mendapatkan dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp73 miliar untuk membangun rumah sakit umum daerah pratama dengan tipe D tahun 2023 dari Pemerintah Pusat.

Ia mengatakan, saat ini pemerintah setempat sedang melengkapi dokumen yang dibutuhkan seperti pembuatan sertifikat tanah untuk lokasi pembangunan rumah sakit umum daerah pratama di Desa Air Buluh, Kecamatan Ipuh.

Pemerintah Desa Air Buluh, Kecamatan Ipuh telah menghibahkan tanah seluas 13.000 meter persegi untuk lokasi pembangunan rumah sakit umum daerah.

"Sebelumnya aset tanah tersebut milik pemerintah desa, selanjutnya status aset tanah tersebut dialihkan menjadi aset pemerintah kabupaten," ujarnya melansir Antara.

Bidang Aset Daerah Badan Keuangan Daerah Kabupaten Mukomuko yang akan memindahkan status aset dari milik pemerintah desa menjadi pemerintah kabupaten.

Sementara itu, ia mengatakan, pemerintah setempat menetapkan lokasi pembangunan rumah sakit umum daerah pratama di Desa Air Buluh, Kecamatan Ipuh agar keberadaannya dapat mengakomodir masyarakat yang berada di empat kecamatan daerah ini.

Pertimbangan lainnya, katanya, karena secara geografis jarak sejumlah wilayah daerah ini dengan RSUD Mukomuko cukup jauh, yakni lebih dari 100 kilometer. Untuk itu ditetapkan lokasi di Desa Air Buluh.

"Empat kecamatan ini berada di perbatasan daerah ini dengan Kabupaten Bengkulu Utara. Masyarakat baik di daerah ini maupun yang berada Kabupaten Bengkulu Utara bisa mendapatkan pelayanan kesehatan di rumah sakit daerah umum ini," tandasnya.