Polisi Demak Pantau Peternakan Warga untuk Antisipasi PMK
Kapolres Demak AKBP Budi Adhy Buono saat cek peternakan warga Demak/Foto: Antara

Bagikan:

DEMAK - Polres Demak, Jawa Tengah, beserta Dinas Pertanian Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan memantau ke masing-masing peternak untuk mengecek kondisi kesehatan hewan ternak guna mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK).

Kapolres Demak AKBP Budi Adhy Buono di Demak, Senin 16 Mei, menjelaskan sasaran pemantauan tersebut adalah Pasar Hewan Karangtengah serta peternakan sapi dan kerbau di Desa Wilalung, Kecamatan Gajah.

"Pemantauan ini merupakan yang kedua karena sebelumnya juga turun ke peternakan sapi terbesar di Kabupaten Demak, yakni milik PT Utomo, untuk mengajak peternak meningkatkan kebersihan kandang dan mengecek kesehatan hewan ternak sebagai antisipasi penyebaran virus PMK di Demak," katanya dikutip Antara.

Ia juga menginstruksikan jajarannya untuk mengedukasi, sosialisasi dan memasang spanduk serta membagikan selebaran tentang virus PMK kepada peternak dan pedagang, baik di pasar hewan maupun di peternakan warga.

Hal itu, ujar dia, untuk membantu pemerintah daerah dalam pencegahan dan penyebaran PMK agar tidak terjadi di Demak.

"Pengecekan kesehatan hewan ternak untuk mengantisipasi penyebaran virus PMK di Kabupaten Demak merupakan tindak lanjut dari instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo," ujarnya.

Selain itu, Polri juga siap melakukan pendampingan serta pengawasan penanganan PMK hewan ternak.

"Kami siap membantu dinas terkait mengecek secara ketat terhadap perawatan dan proses perdagangan hewan ternak agar virus PMK tersebut tidak terjadi di Demak," ujarnya.

Dalam instruksi Kapolres Demak, para kapolsek dan bhabinkamtibmas untuk lebih bersinergi dengan TNI, dinas peternakan dan petugas kesehatan hewan di lapangan.

Wabah PMK jika bisa dicegah dan ditangani secara serius, menurut dia, tentunya bisa meminimalkan potensi kerugian para peternak.

Dengan adanya penelusuran dan pengecekan di lapangan untuk memastikan ada tidaknya ternak yang terjangkit PMK. Jika ditemukan bisa segera ditindaklanjuti guna mencegah penyebaran penyakit tersebut ke hewan ternak lainnya.

Hingga saat ini, Kabupaten Demak masih aman dari wabah penyakit mulut dan kuku.