Tahanan KPK Beragama Budha Dapat Waktu Kumpul Keluarga Secara Daring Saat Waisak
Ali Fikri/Foto: Antara

Bagikan:

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memfasilitasi kunjungan keluarga tahanan secara daring pada Hari Raya Waisak 2566 BE atau hari ini, Senin, 16 Mei.

Fasilitas itu diberikan bagi tahanan beragama Budha yang mendekam di Rutan KPK agar mereka bisa berkumpul bersama keluarga.

"Hal ini untuk memberi kesempatan bagi tahanan yang beragama Budha bisa merayakan Hari Raya Waisak bersama keluarga dan kerabatnya," kata Plt Juru Bicara KPK Bidang Penindakan Ali Fikri kepada wartawan dalam keterangan tertulisnya yang dikutip Senin, 16 Mei.

Tahanan bisa memanfaatkan kunjungan daring itu sejak pukul 09.00 WIB sampai 12.00 WIB.

Adapun kegiatan ini dilakukan sesuai dengan Surat Edaran Dirjen Pemasyarakat Kemenkumham Tahun 2020 tentang Langkah Progresif Penanggulangan Penyebaran Virus COVID-19.

Selain itu, tahanan juga diperbolehkan menerima barang khusus berupa makanan. Keluarga, sambung Ali, diberi kesempatan untuk mengantar makanan sejak pukul 08.00 WIB hingga 10.00 WIB.

"Makanan yang diterima harus steril, bukan barang terlarang, dan berada pada kemasan yang transparan," tegasnya.

Berikutnya, komisi antirasuah juga akan memfasilitasi kegiatan makan bersama sesama tahanan di tempat tahanan mereka masing-masing. Namun, kegiatan ini akan tetap mengutamakan protokol kesehatan secara ketat.

"Kegiatan ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat, untuk mencegah penularan COVID-19," pungkas Ali.