Personel Pengamanan Kawal Vihara Jaga Perayaan Waisak 2022 di Medan
Suasana Vihara Borobudur yang merayakan Hari Raya Waisak/Foto: Antara

Bagikan:

MEDAN - Personel Polrestabes Medan mengawal sejumlah vihara yang merayakan Hari Raya Waisak 2022/2566 TB di daerah tersebut, Senin, agar umat Budha dapat melaksanakan sembahyang di tempat suci itu dengan aman dan lancar.

Dikutip Antara, di Kota Medan, Senin 16 Mei, vihara yang mendapat pengawalan itu antara lain Vihara Kuil Lombok, Vihara Borobudur Kuil Budha Jalan Imam Bonjol, Vihara Vaisali Jalan Ambon, Vihara Budha Jalan Sampali dan Maha Vihara Maitreya merupakan tempat ibadah umat Budha di Medan.

Gedung Vihara Maitreya merupakan yang terbesar di Asia Tenggara. Vihara Maitreya dibangun pada tahun 1991 di atas tanah seluas 4,5 hektare. Tempat ibadah ini berdiri di dalam komplek perumahan Cemara Asri yang berada di Jalan Boulevard Utara, Medan Tembung.

Sementara Umat Budha Medan yang merayakan Waisak 2022/2566 TB di Vihara Borobudur Jalan Imam Bonjol Medan, Sumatera Utara tetap mematuhi protokol kesehatan secara ketat dengan memakai masker, mengatur jarak untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Setiap umat Budha yang akan melaksanakan sembahyang diwajibkan memakai masker, dan mengatur jarak dengan tertib.

Sejumlah petugas pengamanan memantau setiap umat Budha yang tidak menggunakan masker demi menjaga kesehatan dan terhindar dari pandemi COVID-19.

Hari Raya Waisak di Vihara Borobudur tersebut berlangsung tertib, aman, lancar, dan tidak ada kendala.Bahkan, belasan personel Polrestabes Medan berjaga-jaga di depan pintu masuk Vihara Borobudur untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan.

Waisak merupakan peringatan hari kelahiran Sang Siddharta Gautama. Bagi umat Budha, hari kelahiran ini penting karena melalui momentum ini setiap umat Budha dapat menemukan makna hidup dan merefleksikan ajaran-ajarannya.