Gubernur Anies Janji Pembangunan Pasar Gembrong Bisa Bikin Warga Punya Gaya Hidup Baru
Gubernur DKI Anies Baswedan (Foto via Facebook Anies Baswedan)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berjanji revitalisasi kawasan Pasar Gembrong, Jakarta Timur bakal dilaksanakan mulai pekan depan.

Hal ini disampaikannya saat mengunjungi korban kebakaran di pasar tersebut pada Selasa, 3 Mei kemarin. Dia mengatakan kolaborasi dengan sejumlah pihak terkait akan dilakukan dalam upaya revitalisasi tersebut.

"Insyaallah pengerjaan revitalisasi kawasan ini segera dilaksanakan secara estafet mulai minggu depan dengan menggelar koordinasi serta kolaborasi yang melibatkan berbagai pihak," kata Anies seperti dikutip dari akun Instagram resminya @aniesbaswedan pada Rabu, 4 Mei.

Adapun kolaborasi ini akan melibatkan Basnas Bazis DKI, Forkompinda, hingga pihak swasta. Selain itu, Anies juga memastikan warga terdampak juga ikut terlibat dalam proses ini.

"Kami ingin mereka ikut menyuarakan aspirasinya serta menjelaskan kebutuhan revitalisasi kawasannya," ujar eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut.

Selanjutnya, Anies mengatakan ada sejumlah hal yang diutamakan dalam proses revitalisasi kawasan Pasar Gembrong. Salah satunya, dengan mengedepankan bangunan yang sesuai dengan kontur kawasan dan ramah lingkungan sesuai dengan kebutuhan warga.

Selain itu, Pemprov DKI juga akan memenuhi ketersediaan peralatan pemadam api ringan agar peristiwa kebakaran bisa dihindari. "Ke depan kami juga akan mendampingi warga untuk memahami konsep lingkungan yang sehat dan asri," ungkap Anies.

"Seperti sanitasinya, pencahayaan, ketersediaan sumur resapan, mitigasi kebencanaan dan faktor manajemen lingkungannya," sambungnya.

Dengan upaya tersebut, diharapkan korban kebakaran dapat segera menempati hunian yang lebih baik.

"Saat mereka menempati kawasan yang sudah direvitalisasi, mereka memiliki gaya hidup dan kebiasaan baru, khususnya untuk mencegah kejadian serupa terulang," pungkasnya.