'Gubernur Anies dan Wagub Riza adalah Pemimpin yang Selalu Perhatikan Warganya', kata Anggota DPR yang Minta Pemprov DKI Bangun Rumah Korban Kebakaran Pasar Gembrong
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Anggota Komisi XI DPR RI Anis Byarwati meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membangun rumah warga korban kebakaran di kawasan Pasar Gembrong, Jakarta Timur sesuai dengan tata kelola lingkungan.

"Saya juga berharap para warga untuk bersedia mau bekerjasama dengan pemerintah agar rumahnya dibangun lebih layak, lebih sehat, higienis dan tertata rapi," kata Anis dalam keterangannya, dikutip dari Antara Sabtu 30 April.

Hal itu dikatakannya usai melakukan kunjungan ke bekas lokasi kebakaran Pasar Gembrong di Kecamatan Jatinegara, Kelurahan Cipinang Besar Utara, Jakarta Timur.

Anis meyakini Pemerintah DKI Jakarta bekerjasama dengan unsur kecamatan, kelurahan akan bahu membahu membantu agar rumah yang terbakar ditata dan dapat dibangun kembali.

"Mudah -mudahan keinginan bapak dan ibu dapat didengar Gubernur Anis Baswedan dan Wagub Riza Patria, saya yakin mereka ‘terenyuh’ atas musibah ini. Mereka adalah pemimpin Jakarta yang sangat baik dan selalu memperhatikan warganya karena membantu warga sudah menjadi kewajiban pemerintah," ujarnya.

Anggota Fraksi PKS DPR RI itu meminta warga korban kebakaran tetap sabar menghadapi musibah yang terjadi saat bulan Ramadhan.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Camat Jatinegara Endang mengatakan pihaknya akan membantu membangun kembali rumah warga para korban kebakaran.

Namun menurut dia, pembangunannya harus disesuaikan dengan kepemilikan lahan dan penataan lingkungan yang baru.

"Insya Allah akan dibangun kembali namun akan disesuaikan dengan kepemilikan tanahnya, karena status tanah disini tanah garapan yang sudah di akte jual belikan," ujarnya.

Karena itu menurut dia akan ada pendataan ulang dari pihak kelurahan, karena bangunan yang terbakar kepemilikannya lebih dari tiga orang, ada tiga lantai dari bawah ke atas status kepemilikan tanahnya berbeda-beda.

Menurutnya untuk pembangunannya kembali nantinya akan diprioritaskan dahulu pemilik rumah sedangkan untuk pengontrak akan diarahkan ke Rumah Susun.

Endang mengatakan, bagi para korban kebakaran yang rata-rata berprofesi sebagai pedagang, tempat usahanya akan di pindahkan lokasinya ke tempat yang baru.

Sebelumnya, kebakaran melanda kawasan Pasar Gembrong di RW 01, Kelurahan Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, pada Minggu (24/4) sekitar pukul 21.00 WIB.

Kebakaran tersebut menyebabkan sekitar 400 bangunan hangus terbakar dan kerugian diperkirakan mencapai Rp1,5 miliar.