450 Warga Pasar Gembrong Kehilangan Tempat Tinggal Jelang Hari Raya Idulfitri
Petugas pemadam kebakaran di lokasi Pasar Gembrong/ Foto: IST

Bagikan:

JAKARTA - Sebanyak 450 kepala keluarga (KK) warga Jalan Basuki Rahmat, RT 04/01, Kelurahan Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur kehilangan tempat tinggal jelang hari raya Idulfitri 1443 H.

Kobaran api menghanguskan rumah - rumah dan pertokoan mainan milik warga yang ada di kawasan itu. Api baru dapat ditangani pada Minggu 24 April, malam, sekitar pukul 23.00 WIB dengan luas area yang terbakar 1200 meter persegi di 5 RT Kelurahan Cipinang Besar Utara.

"Ada sekitar 400 bangunan rumah warga dan pertokoan di RT 02, 03, 04, 05 dan 06 di RW 01. Kerugian ditaksir mencapai 1,5 miliar," ujar Kasiop Sudin Gulkarmat Jakarta Timur Gatot Sulaeman kepada wartawan, Senin 25 April.

Dari hasil penyelidikan petugas, kebakaran berasal dari adanya korsleting listrik dari salah satu rumah warga berinisial R di lantai 2 rumahnya. Percikan api kemudian merambat dan meluas ke rumah - rumah lainnya sehingga terjadi kebakaran besar.

"Akibat korsleting listrik. Terdampak ada 450 KK (kepala keluarga) dengan 1000 jiwa di lima RT," ujarnya.

Peristiwa diketahui ketika pemilik rumah berinisial R mengetahui adanya kebakaran dan berteriak minta tolong. Warga yang mengetahui berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya.

"Namun api cepat sekali membesar dan merembet ke sekitar karena bangunan sekitar terbuat dari kayu-kayu. Api berhasil kuasai sekitar pukul 23.00 WIB," ujarnya.

Proses pemadaman api dilakukan oleh 130 personel petugas pemadam kebakaran dengan 26 unit mobil pemadam.