Sanggah Kabar Kematian, Ukraina Benarkan Legenda Pilot Jet Tempur yang Dijuluki 'Hantu Kyiv'
Ilustrasi jet tempur Ukraina. (Wikimedia Commons/Skywarrior)

Bagikan:

JAKARTA - Angkatan Udara Ukraina mengklarifikasi keberadaan pilot jet tempur yang menjadi legenda berjulukan 'Hantu Kyiv', yang diklaim sukses menjatuhkan puluhan jet tempur Rusia dalam perang yang berkelanjutan.

Cerita tentang eksploitasi 'Top Gun' Ukraina yang heroik muncul beberapa jam setelah invasi Rusia pada 24 Februari. Laporan lokal mengatakan, Hantu Kyiv telah terlibat dalam lebih dari 40 pertempuran, di mana dia berhasil menargetkan pesawat Rusia dan memuji kepahlawanannya.

Namun dalam beberapa hari terakhir, laporan mengatakan bahwa pilot mungkin tewas dalam aksi, dengan spekulasi 'hantu' itu adalah Mayor berusia 29 tahun, Stepan Tarabalk, yang kehilangan nyawanya karena aksi musuh pada 13 Maret.

Pada Hari Minggu, militer Ukraina membantah Tarabalk adalah Hantu Kyiv, tetapi mengatakan dia adalah seorang pilot pesawat tempur terampil, yang telah menembak jatuh banyak pesawat Rusia.

Memberikan penghormatan terakhirnya kepada Tarabalk, juru bicara Angkatan Udara Ukraina Yuriy Ignat tampaknya menunjukkan, Hantu Kyiv adalah simbol keberanian Ukraina membela langit negara itu dari angkatan udara Rusia yang jauh lebih besar.

Dalam pernyataan yang dimuat oleh surat kabar Inggris The Times, Ignat mengklarifikasi Hantu Kyiv menjadi simbol yang menggugah bagi Ukraina dalam perang untuk meningkatkan moral sesama tentara.

pemberian pengahrgaan
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memberikan penghargaan bagi para prajurit yang berjasa dalam peperangan melawan Rusia. (Wikimedia Commons/Presiden.gov.ua)

Dia mengatakan, namanya telah digunakan untuk mewakili semua pilot yang beroperasi di wilayah udara di sekitar ibukota Ukraina.

"Hantu Kyiv masih hidup dan mewujudkan citra kolektif dari pilot berkualifikasi tinggi dari brigade penerbangan taktis yang berhasil mempertahankan Kyiv dan wilayah sekitarnya," terangnya seperti melansir The National News 1 Mei.

Ignat mengatakan, ayah satu anak Tarabalk dianugerahi Bintang Emas Pahlawan, penghargaan militer tertinggi di angkatan bersenjata Ukraina.

"Stepan adalah seorang pilot pemberani dan berbakat, sangat dirindukan oleh keluarga dan rekan-rekan prajuritnya," ungkapnya.

Terpisah, helm dan kacamata Tarabalka diharapkan mulai dijual di lelang di London, menurut The Times.

Legenda Hantu Kyiv muncul setelah pemerintah Ukraina merilis kesan seniman tentang pilot pesawat tempur, pada jam-jam pertama serangan Rusia pada 24 Februari.

Sejak saat itu, militer Ukraina mengklaim kerugian tempur Rusia, termasuk 189 jet tempur dan pembom, tetapi beberapa analis membantah keakuratan klaim ini.

Tetapi pemantau konflik mengatakan, bahkan jika klaim Ukraina untuk menghancurkan sejumlah besar peralatan Rusia dibesar-besarkan, Rusia telah kehilangan banyak kekuatan tempurnya, 67 hari memasuki perang.

Diketahui, lebih dari 5,4 juta orang Ukraina telah meninggalkan negara mereka sejak Rusia menginvasi dua bulan lalu, dengan puluhan ribu bergabung dengan barisan mereka setiap hari, menurut PBB.

Di luar pengungsi, Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) memperkirakan lebih dari 7,7 juta orang telah mengungsi di Ukraina. Ini berarti bahwa lebih dari 13 juta orang secara keseluruhan telah terdampak konflik.