Lepas Mudik Gratis Polri, Kapolri: Bantu Masyarakat dan Kurangi Beban Jalan
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat melepas keberangkatan 220 bus dengan 11.300 penumpang mudik gratis Polri 2022 (Rizky Adytia Pramana/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut banyaknya kegiatan mudik gratis sangat berdampak baik. Sebab, dapat meringankan beban jalan dan membantu masyarakat.

Pernyataan itu disampaikan saat melepas keberangkatan 220 bus dengan 11.300 penumpang mudik gratis Polri 2022 di Parkir Timur Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Jumat, 29 April.

"Tujuannya untuk pertama membantu masyarakat dan juga mengurangi beban jalur mudik karena kita berusaha untuk bagaimana agar jumlah masyarakat utamanya yang menggunakan kendaraan pribadi, mobil pribadi ataupun sepeda motor bisa kita kurangi," ujar Sigit.

Kegiatan mudik gratis itu bisa membatu beban jalan karena pada Lebaran 2022 animo masyarakat sangat tinggi untuk pulang ke kampung halaman. Alasannya, dua tahun terakhir masyarakat dilarang mudik karena masa pandemi COVID-19.

"Karena kita prediksi tahun ini melonjak setelah dua tahun mudik tak dilakukan," ungkapnya.

Di sisi lain, jenderal bintang empat ini pun menyebut Polri jajaran terus berupaya menerapkan rekayasa lalu lintas seperti one way dan contraflow untuk mengurai kepadatan kendaraan. Sehingga, masyarakat dapat aman dan nyaman pulang ke kampung halaman.

"Upaya rekayasa kita terus evaluasi sehingga kita bisa urai kemacetan dengan baik," kata Sigit.