Anda yang Bisa Cuti Lebih Dulu dari Cuti Bersama Diimbau Kapolri Mudik Lebih Awal Agar Tak Terjebak Macet Parah
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. ANTARA/Ali Khumaini.

Bagikan:

KARAWANG - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berharap agar warga masyarakat yang sudah libur kerja dan sekolah dapat mudik lebih cepat, untuk menghindari kemacetan yang diprediksi terjadi mulai H-4 lebaran.

"Masyarakat yang punya kesempatan mudik lebih cepat, sudah libur (kerja), anak-anaknya sudah libur sekolah, silakan untuk memanfaatkan mudik lebih cepat," kata Kapolri saat konferensi pers di rest area KM 57 Tol Jakarta-Cikampek dilansir Antara, Selasa, 26 April.

Hal itu disampaikan Kapolri untuk menghindari kemacetan arus mudik yang diprediksi akan terjadi pada 28 April hingga 1 Mei 2022.

Meski begitu, bagi masyarakat yang tidak bisa mudik lebih cepat, pihak kepolisian, kementerian, dan lembaga lainnya telah menyiapkan rekayasa lalu lintas. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kemacetan.

Dia mengatakan, berdasarkan keterangan pihak Korlantas Polri, pihaknya akan menerapkan ganjil genap, contra flow dan one way pada H-4 lebaran.

"Rekayasa lalu lintas di jalan tol jalur mudik ini akan dimak pada H-4 lebaran, mulai pukul 17.00- 24.00 WIB, untuk yang mengarah ke wilayah timur," katanya.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan masyarakat yang mudik lebih cepat bisa mengurangi beban dan kepadatan arus lalu lintas saat puncak mudik lebaran.