Bagikan:

JAKARTA - Lonjakan pemudik mulai terlihat di Terminal Bus Terpadu Pulogebang, Cakung, Jakarta Timur, Selasa, 2 April. Para pemudik di dominasi tujuan Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan sekitarnya.

Wakil Komandan Regu (Wadanru) Terminal Bus Pulogebang, Badman Harahap mengatakan, saat ini warga ibukota sudah banyak yang mulai mudik untuk tujuan wilayah Sumatera. Seperti Padang, Medan, Lampung, Palembang, Bengkulu, dan daerah sekitarnya.

"Tadi pagi paling banyak tujuan Sumatera. Karena kan perjalanannya cukup panjang, jadi mereka memilih mudik lebih awal. Prediksinya, puncak arus mudik akan terjadi pekan depan pada tanggal 6, 7 dan 8 April," katanya.

Menurutnya, berdasarkan data yang ada, jumlah keberangkatan pemudik sejak pukul 00.00 sampai dengan 10.00 atau shift 1 adalah, sebanyak 406 orang dengan menggunakan 72 bus AKAP. Namun untuk kedatangan juga jumlahnya justeru lebih banyak, mencapai 1.131 orang menggunakan 236 armada.

Pemberangkatan tujuan Sumatera ini diprediksi masih terjadi sampai Rabu, 3 April, besok. Mereka menggunakan PO Bus ANS, Pahala, NPM, MPM, SAN, Raflesia dan Sembodo. Adapun harga tiket saat ini rata-rata adalah untuk tujuan Medan sekitar Rp700 ribu dan Palembang Rp500 ribu.

M. Fatoni (47), salah seorang seorang penumpang tujuan Palembang, mengaku mudik lebih awal karena perjalanannya cukup jauh dan memakan waktu lama. Sehingga dengan mudik lebih awal ia bersama keluarganya bisa menikmati libur panjang di kampung halamannya.

Sehari-hari ia mengaku bekerja di sebuah perusahaan swasta namun mengajukan cuti.

"Menghindari macet saja dan khawatir tiketnya lebih mahal kalau mudik minggu depan. Makanya kita mudik lebih awal, bisa menikmati cuti dan libur panjang di kampung halaman," ujarnya.