Antisipasi Kepadatan di Rest Area, Anak Usaha Jasa Marga Tambah SPBU Modular
Foto udara sejumlah kendaraan roda empat dari arah Jakarta melaju perlahan setelah memasuki Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah/ Antara

Bagikan:

JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usahanya PT Jasamarga Related Business (JMRB) sebegai pengelola Rest Area Travoy, siap menambah SPBU modular guna memastikan ketersediaan BBM di rest area. Hal ini juga sebagai antisipasi kepadatan di rest area selama periode mudik Lebaran 2022.

General Manager Perencanaan dan Pengendalian Operasional PT JMRB Meta Herlina menjelaskan, PT JMRB telah berkoordinasi dengan PT Pertamina (Persero) untuk menjaga stok BBM di SPBU rest area ruas jalan tol Jasa Marga Group.

Selain itu, Meta mengatakan untuk mengantisipasi kepadatan dan antrean di SPBU, maka dioperasikan SPBU modular di sejumlah rest area selama event arus mudik dan balik Idulfitri 1443 H/2022.

"Kami juga telah bekerja sama dengan Pertamina untuk mengoperasikan SPBU modular di 16 rest area di ruas jalan tol yang dikelola oleh Jasa Marga Group," tuturnya di Jakarta, Jumat, 29 April.

Lebih lanjut, Meta menjelaskan SPBU modular akan ditempatkan di rest area tipe B yang tidak terdapat SPBU, rest area fungsional, dan rest area tipe A yang berpotensi terjadi penumpukan.

SPBU modular ini, kata Meta, akan beroperasi mulai dari 22 April 2022 hingga 11 Mei 2022. Ada pun rest area di ruas jalan tol Jasa Marga Group yang terdapat SPBU modular meliputi Rest Area KM 33 A Jakarta-Cikampek; Rest Area KM 52 B Jakarta-Cikampek; Rest Area KM 207 A Palimanan-Kanci; Rest Area KM 379 A Batang-Semarang; Rest Area KM 391 A Batang-Semarang; Rest Area KM 519 A Solo-Ngawi.

Lalu, di Rest Area KM 519 B Solo-Ngawi; Rest Area KM 538 A Solo-Ngawi; Rest Area KM 538 A Solo-Ngawi; Rest Area KM 597 A Ngawi-Kertosono; Rest Area KM 597 B Ngawi-Kertosono; Rest Area KM 66 A Pandaan-Malang; Rest Area KM 66 B Pandaan-Malang; Rest Area KM 792 A Gempol-Pasuruan; Rest Area KM 792 B Gempol-Pasuruan, dan; Rest Area KM 36 B Balikpapan-Samarinda.

Untuk memastikan ketersediaan stok BBM di rest area, kata Meta, PT JMRB pun telah berkoordinasi dengan pihak Pertamina terkait penambahan tangki mobile.

"Dengan pengoperasian SPBU modular dan penambahan tangki mobile di sejumlah rest area di ruas jalan tol Jasa Marga Group ini, Meta berharap dapat meminimalisir antrean di SPBU dan mengurangi kepadatan di rest area," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, Pertamina telah memasok SPBU modular (Pertashop) di beberapa rest area yang belum memiliki SPBU. Hal tersebut sesuai arahan Menteri ESDM untuk menyediakan BBM bagi pemudik.

"Kita sudah melihat-lihat rest area-rest area yang belum ada SPBUnya kita sudah tambah dispenser-dispenser, pertashop-pertashop kita tempatkan di sana sehingga sekarang semua rest area ada SPBUnya," jelas Nicke.

Fasilitas lain yang disediakan Pertamina lainnya adalah motoris, petugas berkendaraan sepeda motor yang akan menjemput bola ketika ada kendaraan kehabisan bensin. Dengan menghubungi call center Pertamina 135 dan memberikan lokasinya, motoris segera bergerak untuk menyuplai BBM.

"Kita menyediakan 200 motoris sepanjang jalan tol Sumatera dan Jawa selama masa arus mudik dan balik libur lebaran," ujar Nicke.