Bagikan:

JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut mudik bersama dapat mengurangi beban di ruas jalan tol hingga meminimalisir potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Pernyataan itu disampaikannya usai melepas 434 bus yang membawa 23.000 pemudik ke 4 Provinsi dan 14 Kabupaten dalam acara Mudik Gratis Polri Presisi.

"Program ini dan juga mengurangi resiko-resiko terkait penambahan beban kapasitas dan harapan kita resiko lakalantas juga bisa kita kurangi," ujar Sigit kepada wartawan, Selasa, 18 April.

Program mudik bisa mengurangi beban jalan karena menurut survei, sekitar 123 juta orang akan kembali ke kampung halam masing-masing. Artinya, mereka semua akan berkendara di ruas jalan.

"Sehingga jumlah kendaraan pribadi atau baik roda dua ataupun roda empat yang akan menggunakan jalan ini bisa dikurangi dan bisa kita alihkan dengan program mudik bersama ini," ucapnya.

Selain itu, program mudik juga bisa mengurangi potensi kecelakaan. Sebab, anggota kepolisian akan mengawal dan memastikan keselamatannya.

Adapun, hal ini dilakukan merujuk pada data tahun lalu. Di mana, terjadi 3.457 kecelakaan lalu lintas di momen mudik lebaran.

"Kemudian yang kedua tentunya juga dengan program ini dalam berjalannya dikawal oleh anggota sehingga dari sisi keselamatan keamanan dan kenyamanan juga tentu kita harapkan bisa lebih baik," kata Sigit.