Bagikan:

JAKARTA - Amerika Serikat dan Rusia sepakat melakukan pertukaran tahanan, di tengah hubungan kedua negara yang menegang dalam beberapa dekade terakhir terkait invasi ke Ukraina.

Pertukaran kali ini melibatkan mantan Marinir AS Trevor Reed dengan pilot Rusia Konstantin Yaroshenko, seperti melansir Reuters 27 April. Diumumkan kedua negara, pertukaran tersebut adalah hasil kerja berbulan-bulan dan tidak melibatkan negosiasi mengenai topik sensitif lainnya yang melibatkan Amerika Serikat dan Rusia, kata para pejabat AS

Reed, dari Texas, sedang dalam perjalanan untuk bertemu kembali dengan keluarganya di Amerika Serikat, kata pejabat senior pemerintahan Biden, dengan satu orang mengatakan pria berusia 30 tahun itu dalam "semangat yang baik."

"Hari ini, kami menyambut Trevor Reed di rumah dan merayakan kembalinya dia ke keluarga yang sangat merindukannya," kata Presiden Joe Biden dalam sebuah pernyataan, mencatat kekhawatiran mereka tentang kesehatan Reed.

Presiden Biden mengatakan dia telah membagikan berita itu dengan orang tua Reed, Joey dan Paula Reed, yang telah mendesak pemerintahannya untuk membantu putra mereka.

Keduanya berterima kasih kepada Biden dan yang lainnya, dengan mengatakan "keluarga kami telah menjalani mimpi buruk" selama 985 hari terakhir.

"Tindakan presiden mungkin telah menyelamatkan hidup Trevor," kata mereka dalam sebuah pernyataan.

Reed dihukum di Rusia pada 2019 karena membahayakan nyawa dua petugas polisi saat mabuk dalam kunjungan ke Moskow. Amerika Serikat menyebut persidangannya sebagai "teater absurd."

Diketahui, Presiden Biden bertemu dengan orang tua Reed di Gedung Putih pada 30 Maret. Dalam sebuah pernyataan pada minggu berikutnya, orang tua mengatakan pertukaran tahanan tampaknya menjadi satu-satunya cara untuk membawa Reed pulang dan mendesak Gedung Putih untuk mengambil semua langkah yang mungkin untuk melakukannya.

Sebelumnya, Rusia telah mengusulkan pertukaran tahanan untuk Yaroshenko pada Juli 2019, dengan imbalan pembebasan orang Amerika mana pun. Yaroshenko adalah seorang pilot yang dihukum karena konspirasi untuk menyelundupkan kokain ke negara itu. Dia ditangkap oleh pasukan khusus AS di Liberia pada 2010.

Presiden Biden dan Menteri Luar Negeri Antony Blinken mengatakan, mereka bekerja untuk membebaskan warga AS lainnya yang ditahan di Rusia, Paul Whelan, juga mantan Marinir.

Pembicaraan yang mengarah pada pembebasan Reed secara ketat berfokus pada mengamankan kebebasannya, bukan awal dari percakapan diplomatik yang lebih luas, kata pejabat senior pemerintahan Biden dalam panggilan telepon dengan wartawan.

"Kami sangat terbatas pada topik ini, topik tahanan. Itu bukan bagian dari diskusi diplomatik yang lebih luas. Itu bukan awal dari diskusi tentang masalah lain," ungkap salah satu pejabat.

Presiden Biden tidak mengomentari perincian pertukaran, kecuali untuk mengatakan "Negosiasi yang memungkinkan kami membawa pulang Trevor membutuhkan keputusan sulit yang tidak saya anggap enteng."

Ia menggarisbawahi, pemerintahannya telah memprioritaskan untuk membawa pulang orang Amerika yang ditahan secara salah di luar negeri dan akan terus mengupayakan pembebasan Whelan dan lainnya.