Bagikan:

JAKARTA - Wartawan Wall Street Journal (WSJ) Amerika Serikat yang dipenjara, Evan Gershkovich, dan mantan Marinir AS Paul Whelan termasuk di antara 26 tahanan dari AS, Rusia dan sejumlah sekutu mereka yang dibebaskan dalam pertukaran tahaanan.

Kepresidenan Turki menerangkan, 10 tahanan, termasuk dua anak di bawah umur, telah dipindahkan ke Rusia, 13 ke Jerman dan tiga ke Amerika Serikat. Turut terlibat dalam pertukaran ini adalah Polandia, Slovenia, Norwegia, dan Belarusia.

Intelijen Turki mengumumkan sebelumnya mereka mengoordinasikan pertukaran tahanan secara luas, yang menandakan pertukaran besar-besaran antara Rusia dan Amerika Serikat sedang berlangsung.

“Organisasi kami telah mengambil peran mediasi besar dalam operasi pertukaran ini, yang merupakan operasi paling komprehensif dalam periode terakhir,” kata Badan Intelijen Nasional (MIT) dilansir Reuters, Kamis, 1 Agustus.

Baik Kremlin maupun Gedung Putih menolak berkomentar ketika ditanya tentang kemungkinan pertukaran tersebut.

Pertukaran tersebut merupakan pertukaran tahanan terbesar sejak Perang Dingin. Dalam pertukaran besar terakhir pada tahun 2010, terdapat 14 tahanan yang ditukar.

Pada Desember 2022, Rusia menukar bintang bola basket AS Brittney Griner, yang dijatuhi hukuman sembilan tahun karena memiliki kartrid vape berisi minyak ganja di bagasinya, dengan pedagang senjata Viktor Bout, yang menjalani hukuman 25 tahun di AS.

Di antara mereka yang ikut dalam pertukaran hari Kamis adalah Vadim Krasikov, seorang kolonel di dinas keamanan FSB Rusia yang menjalani hukuman seumur hidup di Jerman karena membunuh seorang pembangkang Chechnya-Georgia yang diasingkan di taman di Berlin, yang menurut Presiden Vladimir Putin ingin dia kembalikan.

Rico Krieger, seorang warga Jerman yang dijatuhi hukuman mati di Belarus atas tuduhan terorisme, pada Selasa diampuni oleh Presiden Alexander Lukashenko, sekutu dekat Putin.

Dia juga termasuk di antara mereka yang dibebaskan, bersama dengan politisi oposisi Rusia Ilya Yashin, kata Turki.

Rekaman Reuters menunjukkan pesawat pemerintah Rusia mendarat di ibu kota Turki, Ankara.

Whelan dan Vladimir Kara-Murza, seorang pembangkang Rusia-Inggris, keduanya dipenjara di Rusia, tiba-tiba menghilang dari pandangan dalam beberapa hari terakhir, menurut pengacara mereka.

Setidaknya tujuh pembangkang Rusia tiba-tiba dipindahkan dari penjara mereka.