Bagikan:

JAKARTA  - Bendera Brasil dikibarkan di kediaman duta besar Argentina untuk Venezuela di Caracas, menurut seorang saksi Reuters, setelah diplomat Argentina diusir dari negara tersebut.

Sebelumnya, pemerintah Venezuela memanggil pulang para diplomatnya dari Argentina, Republik Dominika, Kosta Rika, Panama, Peru, Uruguay, dan Chili, yang telah menolak untuk mengakui terpilihnya kembali Presiden Nicolas Maduro.

"Pemerintah Republik Bolivarian Venezuela telah memutuskan untuk memanggil pulang semua anggota misi diplomatiknya di Argentina, Chili, Kosta Rika, Peru, Panama, Republik Dominika, dan Uruguay karena preseden keji, yang merupakan serangan terhadap kedaulatan kami, dan juga menuntut agar pemerintah negara-negara tersebut memanggil pulang para diplomatnya dari Venezuela," kata Kementerian Luar Negeri Venezuela.

Kementerian itu mengecam pernyataan negara-negara tersebut mengenai pemilihan Presiden Venezuela sebagai campur tangan dalam urusan dalam negeri.

"Pemerintah Venezuela berhak untuk mengambil langkah-langkah politik dan hukum untuk menjamin perlindungan hak untuk menentukan nasib sendiri. Pemerintah Venezuela akan melawan setiap kegiatan yang mengancam koeksistensi damai," tegas kementerian itu.

Venezuela mengadakan pemilihan presiden pada tanggal 28 Juli. Menurut Dewan Pemilihan Nasional, dengan 80 persen surat suara telah dihitung.