Lebih Banyak Mudarat, Pemprov Kepri Larang Warga Main Petasan dan Kembang Api Saat Rayakan Idulfitri
Sekdaprov Kepri Adi Prihantara. (ANTARA)

Bagikan:

KEPRI - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mengimbau masyarakat tidak bermain petasan maupun kembang api dalam menyambut dan merayakan Idulfitri tahun ini. Jenis permainan ini lebih banyak mudarat-nya dibanding manfaat.

"Meskipun ini imbauan, tapi sifatnya lebih kepada larangan untuk masyarakat," kata Sekdaprov Kepri Adi Prihantara di Tanjungpinang, Antara, Rabu, 27 April. 

Bermain petasan dari segi keamanan dapat membahayakan keselamatan diri dan orang lain. Beberapa bahaya bermain petasan di antaranya bisa memicu cedera pendengaran bahkan mampu memancing api dan menyebar ke benda-benda yang mudah terbakar.

"Ledakan petasan berpotensi mengancam jiwa, salah satunya luka bakar," ujar dia.

Di sisi lain, lanjut dia, bermain petasan dan kembang api merupakan suatu pemborosan di tengah sulitnya ekonomi dampak pandemi COVID-19.

"Euforia boleh, tapi jangan berlebihan, apalagi sampai bakar uang dengan bermain petasan," ucapnya.

Adi turut mengimbau masyarakat tetap disiplin protokol kesehatan saat merayakan Lebaran, karena pandemi COVID-19 belum selesai. Masyarakat diminta patuh memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan serta bepergian tanpa keperluan mendesak.

Menurut dia, tahun ini Pemprov Kepri juga mengizinkan warga melaksanakan pawai takbir keliling pada malam Hari Raya Idul Fitri, namun hanya sebatas di lingkup wilayah tempat tinggal, bukan digelar secara besar-besaran.

"Kami paham, warga rindu karena sudah dua tahun tak ada pawai takbir keliling akibat pandemi, makanya tahun ini boleh dilaksanakan tapi tetap dibatasi dan patuhi protokol kesehatan," ucap Adi.