Kemenhub Kirim KM Sabuk Nusantara 35 Bantu Angkut Pemudik di Sampit, Harga Tiketnya Diperkirakan Lebih Rendah
Kepala KSOP Sampit Agustinus Maun saat meberikan keterangan kepada wartawan di Pelabuhan Sampit/ANTARA

Bagikan:

SAMPIT - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mengirim satu buah kapal KM Sabuk Nusantara 35 untuk membantu angkutan lebaran di Pelabuhan Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. Dengan bantuan kapal ini diharapkan pemudik tidak telantar.

KM Sabuk Nusantara 35 rencananya tiba pada 28 April dan berangkat menuju Surabaya pada 29 April. Kapasitas kapal ini sekitar 238 penumpang.

"Kami harapkan sisa penumpang yang belum terlayani oleh kapal PT Pelni dan PT DLU bisa diatasi oleh KM Sabuk Nusantara 35," kata Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Sampit, Agustinus Maun saat ditemui wartawan, Antara, Selasa, 26 April.

Angkutan mudik di Pelabuhan Sampit dilayani empat kapal yakni KM Kirana I dan KM Kirana III milik PT Dharma Lautan Utama serta KM Kelimutu dan KM Lawit milik PT Pelni. Sejak awal Ramadan hingga hari ini, tercatat sudah 3.392 penumpang yang meninggalkan Sampit dan diberangkatkan ke Semarang dan Surabaya.

Saat ini tersisa empat kali keberangkatan kapal angkutan mudik Lebaran Idulfitri yaitu dua kali keberangkatan kapal milik PT Dharma Lautan Utama (DLU) dan dua keberangkatan kapal PT Pelni.

Penumpangnya diperkirakan mencapai 100 persen kapasitas, seperti keberangkatan KM Kirana III tujuan Surabaya pada Senin pagi tadi.

KM Kirana III yang berlayar menuju Surabaya dengan jumlah penumpang yang ada di atas kapal sebanyak 706 orang sesuai kapasitas yang ada di sertifikat. Selain itu, kapal ini membawa muatan 10 truk besar, 23 mobil pribadi dan 34 buah sepeda motor.

Puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada 27 April karena ada dua kapal berangkat menuju Semarang. Penyelenggaraannya sudah dipersiapkan terkait keselamatan dan keamanan pelayaran serta ketertiban selama di pelabuhan.

Sesuai arahan dari Kementerian Perhubungan, tahun ini tidak ada dispensasi atau penambahan kapasitas muatan kapal karena pertimbangan pandemi COVID-19. Untuk daerah level 1 dan 2 diperbolehkan menggunakan kapasitas 100 persen namun ada dispensasi selama angkutan Lebaran 2022.

Untuk itulah Kementerian Perhubungan akan mengirim bantuan berupa KM Sabuk Nusantara 35 untuk mengangkut pemudik. Harga tiket kapal perintis ini diperkirakan lebih rendah dibanding tiket kapal komersial.

"Kami berharap semua calon penumpang yang akan mudik ke Jawa bisa terangkut. Kami harap pelaksanaan mudik tahun 2022 di Pelabuhan Sampit ini bisa berjalan aman, lancar, sehat dan tertib," demikian Agustinus.