Bagikan:

KALBAR - Kantor SAR Pontianak telah menyiapkan tim respons cepat sepanjang pengamanan Idulfitri tahun 2022 di Kalimantan Barat (Kalbar). Tim tersebut akan bergerak cepat saat kondisi darurat misalnya kecelakaan transportasi.

"Siaga SAR khusus tersebut dalam mengantisipasi kondisi darurat kecelakaan transportasi baik udara, laut,dan darat," ujar Kepala Kantor SAR Pontianak Yopi Haryadi setelah memimpin Apel Kesiapan Pengamanan Lebaran Idulfitri di Kalbar, dikutip dari Antara, Senin 25 April.

Dia menjelaskan, tim SAR Pontianak akan bersinergi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Korlantas Polri, TNI, BMKG, pemerintah daerah, pengelola jalan tol, RS rujukan dan kementerian lembaga terkait.

"Hari ini kami melaksanakan apel kesiapan siaga khusus Lebaran Idulfitri tahun 2022 di wilayah Kalimantan Barat. Apel kesiapan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kondisi darurat kecelakaan transportasi arus mudik dan balik Lebaran kali ini," ujarnya.

Dia berpesan untuk tetap menjaga protokol kesehatan dan tunaikan kewajiban dengan penuh tanggung jawab.

Siaga khusus Lebaran tahun ini akan dilaksanakan mulai hari ini hingga 10 Mei 2022 dan difokuskan pada bandara, pelabuhan, penyeberangan laut atau danau ,transportasi darat yang memiliki kerawanan khusus serta tempat wisata, katanya.

Sebelumnya, Kapolda Kalbar, Irjen (Pol) Suryanbodo Asmoro mengatakan, sebanyak 3.057 personel dari jajaran Kepolisian Daerah Kalimantan Barat dan TNI serta dari instansi terkait lainnya diturunkan pada Operasi Ketupat Kapuas 2022 yang di mulai 28 April hingga 9 Mei.

"Sebanyak 3.056 personel yang diturunkan tersebut, terdiri dari 1.500 personel polisi, kemudian 265 dari personel TNI, dan 1.291 orang dari instansi terkait lainnya," katanya.

Dia menjelaskan, pihaknya juga akan mendirikan sebanyak 59 pos, yang terdiri dari 28 Pos Pengamanan, kemudian sebanyak 26 Pos Pelayanan, dan lima Pos Terpadu, yang tersebar di titik-titik jalur mudik, pusat keramaian, mal dan terminal dan lainnya.

"Dari sebanyak 1.600 personel dari polisi, terdiri dari sebanyak 463 personel dari Polda Kalbar, kemudian dari Polres sebanyak 1.337 personel yang bertugas melakukan pengamanan sepanjang mudik dan balik Lebaran Idulfitri tahun 2022," tandasnya.