Jalur Puncak-Cianjur Mulai Ramai Dilintasi Pemudik Jarak Dekat
Pemudik yang mulai melintasi Cianjur di Jawa Barat. (Antara)

Bagikan:

CIANJUR - Pemudik jarak dekat mulai melintasi jalur utama Kabupaten Cianjur. Tujuan utama pemudik Lebaran 2022 itu diprediksi kabupaten atau kota di Jawa Barat.

Kepala Dishub Cianjur Aris Harianto mengatakan, peningkatan sudah terlihat sejak pagi hingga petang. Sebagian besar kendaraan roda empat bernopol luar kota seperti Jabodetabek menuju arah Bandung dan seterusnya.

"Pagi hari dan petang, volume kendaraan bernopol luar kota mulai terlihat melintas di jalur utama mudik Cianjur. Prediksi peningkatan akan terus bertambah dalam dua hingga satu pekan ke depan," katanya saat dihubungi, Jumat, 22 April.

Untuk mengantisipasi terjadinya antrean di jalur utama Puncak-Cianjur, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Lantas Polres Cianjur untuk mengaktifkan sejumlah jalur alternatif mulai dari wilayah utara, seperti Hanjawar-Pacet-Cikalongkulon dan alternatif Karangtengah-Sukaluyu-Bandung Barat.

"Kita persiapkan rambu penunjuk jalan dan lampu penerang jalan yang masih minim untuk memudahkan pemudik yang melintas," ujarnya, disitat dari Antara. 

KBO Lantas Polres Cianjur Iptu Yudistira mengatakan, volume kendaraan pemudik dengan tujuan jarak dekat sudah mulai melintas di jalur utama Cianjur, bahkan menjelang pagi terlihat ratusan kendaraan roda dua dengan ciri khas mudik mulai meningkat.

"Perkiraan kami volume kendaraan dengan ciri khas mudik akan terus meningkat hingga satu hari menjelang Lebaran 2022. Berbagai upaya antisipasi dan rekayasa arus akan dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan," katanya.

Ia mengimbau pemudik untuk mematuhi aturan lalu lintas dengan tidak membawa barang berlebih di kendaraan dan tidak membawa anak di bawah lima tahun dengan sepeda motor."Utamakan keselamatan, lebih baik istirahat ketika lelah, jangan memaksakan diri," tandasnya.