Puncak Bogor Sempat Macet Parah, Polisi Tetap Buka Tutup Jalur dari Cianjur Hari Ini
Ilustrasi lalu lintas di Puncak di Kabupaten Bogor. (Antara-Yulius S W)

Bagikan:

BOGOR - Polisi masih menerapkan sistem buka tutup jalur menuju Puncak Bogor dari arah Cianjur pada H+3 Lebaran 2023.

Kasat Lantas Polres Cianjur AKP Anaga Budiharso mengatakan, rekayasa arus lalu lintas itu diterapkan mengantisipasi arus balik Cianjur menuju Bogor yang kembali ramai namun lancar pada hari ini.

"Untuk hari ini arus kendaraan didominasi pemudik dari kota/kabupaten di Jawa Barat dengan tujuan Jabodetabek, volumenya cukup tinggi, namun tidak menyebabkan antrean di sejumlah titik rawan macet karena wisatawan mulai berkurang," katanya di Cianjur, Jawa Barat, Rabu 26 April, disitat Antara.

Budiharso menyebutkan hari ini ramai tapi tidak menyebabkan antrean kendaraan seperti dua hari terakhir saat wisatawan tujuan tempat wisata di Puncak-Cipanas melonjak.

Meski jalur mudik Cianjur ramai lancar, kata dia, polisi tetap berjaga di masing-masing pos pengamanan untuk melakukan rekayasa arus ketika sewaktu-waktu terjadi antrean yang dapat menyebabkan macet termasuk mengarahkan pengendara ke jalur alternatif.

Terutama di jalur rawan seperti Pasar Ciranjang, jalur Kota Cianjur, Pasar Cipanas, pertigaan Kebun Raya Cibodas dan Pertigaan Hanjawar. Termasuk menyiagakan tim pengurai kemacetan di sepanjang jalur mudik hingga akhir pekan Minggu 30 April.

"Kami juga menambah jadwal patroli petugas dan tim pengurai macet di sepanjang jalur Puncak dan Jalan Raya Bandung-Cianjur, sebagai upaya antisipasi puncak arus balik yang diperkirakan akan terjadi hingga akhir pekan ini," ujarnya.

Pihaknya masih meminta pemilir pada arus balik Lebaran ini menghindari melintas di jalur Puncak pada akhir pekan ini, karena diperkirakan volume kendaraan akan mengalami peningkatan seiring puncak arus balik.

"Kami minta gunakan jalur alternatif Jonggol dan Sukabumi, karena diperkirakan puncak arus balik akan terjadi pada Sabtu dan Minggu disertai padatnya kendaraan wisatawan yang keluar masuk objek wisata di kawasan Puncak-Cipanas," tandasnya.