Polisi Berlakukan Buka Tutup Jalur Sate Shinta Cipanas-Cijedil karena Penanganan Longsor
Proyek penanganan longsor di lokasi Sate Sinta-Cijedil, Kecamatan Cugenang, Cianjur, Jawa Barat, menyebabkan antrean panjang kendaraan dari arah Cianjur atau Cipanas, Senin (10/4/2023).(ANTARA/Ahmad Fikri).

Bagikan:

CIANJUR - Polres Cianjur, Jawa Barat, memberlakukan sistem buka tutup jalur di depan proyek penanganan tebing yang longsor akibat gempa di lokasi Sate Shinta Cipanas-Cijedil karena proyek pemasangan saluran air atau drainase di kawasan itu.

Kasatlantas Polres Cianjur AKP Anaga Budiharso mengatakan akibat pekerjaan tersebut antrean panjang kendaraan terlihat saat malam. Pihaknya meminta pengguna jalan tujuan Bogor dan seterusnya memilih jalur alternatif Jonggol dan Sukabumi.

"Untuk warga lokal dengan tujuan Pacet dan Cipanas hingga Puncak, dapat menggunakan jalur alternatif Cugenang tembus Ciputri-Pacet, namun jalur yang dilalui kecil dan gelap saat malam hari, sehingga harus ekstra hati-hati dan waspada," katanya dilansir ANTARA, Senin, 10 April.

Proyek pemasangan drainase itu, tutur dia, dipastikan tuntas Selasa dini hari setelah tiga hari pekerjaan yang menyebabkan arus kendaraan yang melintas terutama saat malam tersendat hingga belasan kilometer dan terpaksa dilakukan sistem buka tutup.

Untuk mengantisipasi macet panjang di sepanjang jalur tersebut, pihaknya sudah mengarahkan pengguna jalan untuk mencari jalur lain agar tidak terjebak macet hingga tengah malam atau hingga berjam-jam selama proyek berjalan.

"Kami instruksikan petugas mengimbau pengguna jalan mencari jalur alternatif karena setelah magrib sistem buka tutup diberlakukan dampaknya antrean panjang kendaraan dari kedua arah menuju Cianjur atau dari Cipanas akan terjadi," katanya.

Pantauan Antara, memasuki hari ketiga pelaksanaan proyek pemasangan drainase di Jalan Raya Cianjur-Cugenang, tepatnya di lokasi Sate Sinta-Cijedil, Senin malam antrean kendaraan mulai terlihat karena pekerja mulai memasang saluran air dari beton.

Pengguna jalan dengan tujuan Cipanas-Puncak dan seterusnya memilih jalur alternatif Cianjur, Cugenang tembus pertigaan Simpang Cariu, Kecamatan Pacet, meski landasan jalan sempit dengan kontur mendaki dan menurun tajam.