PPP Resmi Dukung Ganjar Pranowo Sebagai Capres 2024
PPP umumkan bakal capres di Pilpres 2024. (Nailin-VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono resmi mengumumkan PPP mendukung kader PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden (capres) pada pemilihan umum (Pemilu) 2024.

Pengumuman capres ini berlangsung di Sleman, Yogyakarta, Rabu 26 April sore, sebagai hasil dari rapat pimpinan nasional (Rapimnas) PPP pada 23-25 April 2023.

"Setelah melalui musyawarah dan kajian mendalam dengan mengucap bismillahirrohmanirrohim, PPP memutuskan bapak H Ganjar Pranowo sebagai calon presiden republik Indonesia pada pemilihan umum 2024 yang akan datang," ujar Mardiono.

"PPP yakin dengan kulture dengan Nahdlatul Ulama beliau memiliki visi yang hampir sama dengan PPP," lanjutnya.

Ganjar sendiri dikabarkan akan hadir dalam pasar rakyat yang digelar PPP di Sleman sore ini.

Sebelumnya, Mardiono sudah memberi sinyal bahwa PPP akan memberikan dukungan terhadap Ganjar. Dalam Rapimnas, Selasa, 25 April, kemarin Mardiono sempat mengungkit pasangan Megawati-Hamzah Haz sebagai presiden dan wakil presiden periode 2002-2004.

Di mana menurut Mardiono, keduanya merupakan pasangan PDIP-PPP. Saat itu, pasangan Mega-Hamzah dipilih oleh MPR karena belum ada pemilihan langsung.

"Dulu Ketum Pak Hamzah Haz dipercaya oleh rakyat bersama dengan Ibu Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Umum PDIP bersama-sama memimpin bangsa ini," kata Mardiono di kediamannya di Sleman, Yogyakarta, Selasa, 25 April.

Selain Hamzah Haz, Mardiono juga mengungkit kader PPP yang lain sebagai pendamping kader PDIP, yakni Taj Yasin Maimoen yang jadi wakil dari Ganjar Pranowo di Jawa Tengah.

"Selama 4 tahun lebih (pemerintahan Ganjar-Yasin) ini, alhamdulillah berjalan dengan baik," ungkapnya.