Daftar Partai Politik Pendukung Ganjar Pranowo, Menyatakan Punya Visi dan Perjuangan yang Sama
Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri bersama Presiden Jokowi dan Ganjar Pranowo yang diusung PDIP jadi capres 2024/DOKUMENTASI PDIP

Bagikan:

YOGYAKARTA - Nama Ganjar Pranowo resmi diusung menjadi calon presiden 2024 oleh PDIP. Pengusungan Ganjar tersebut mendapat sambutan baik dari beberapa partai. Sejumlah partai politik pendukung Ganjar Pranowo sudah menyatakan supportnya untuk sosok yang saat ini menjabat Gubernur Jawa Tengah. 

Sudah ada empat partai politik yang terang-terangan mendukung Ganjar Pranowo sebagai capres periode selanjutnya. Sebelumnya, pengusungan Ganjar sebagai capres diumumkan langsung oleh Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri pada Jumat, 21 April 2023 di Istana Bogor. 

Meski baru saja mendapat penilaian miring atas sikapnya dalam menolak Israel dalam Piala Dunia U-20, namun sosok Ganjar masih dianggap kuat sebagai kandidat capres. Lantas siapa saja partai politik pendukung Ganjar Pranowo. 

Partai Politik Pendukung Ganjar Pranowo

Selain PDI Perjuangan sebagai rumah kaderiasi Ganjar Pranowo, ada tiga partai lainnya yang menyatakan sikap mendukung sosok pria berambut putih tersebut. Ketiga partai lain yang mendukung Ganjar, yaitu PSI, Hanura, dan PPP. 

PDI Perjuangan

PDIP akhirnya menyampaikan pengusungan Ganjar Pranowo sebagai capres 2024. Ganjar memang sudah lama diduga kuat bakal dicalonkan oleh partai merah untuk maju dalam pemilu mendatang. 

"Maka pada jam 13.45 dengan mengucapkan bismillahirrohmanirrohim, menetapkan saudara Ganjar Pranowo, sekarang adalah Gubernur Jawa Tengah, sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasannya sebagai calon Presiden Republik Indonesia dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan," ucap Megawati di Istana Batutulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4/2023).

Penyampaian pengumuman tersebut dihadiri juga oleh Presiden Joko Widodo. Selain itu, hadir juga Ketua DPP PDIP Prananda Prabowo, Puan Maharani, dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

Partai Solidaritas Indonesia (PSI)

PSI sudah sejak lama menyatakan dukungannya kepada Ganjar Pranowo sebagai capres dalam Pemilu 2024 mendatang. PSI sudah mengusung Ganjar untuk maju capres sejak tahun 2022. 

Pengusungan Ganjar Pranowo tersebut disampaikan PSI setelah melakukan polling Rembuk Rakyat pada Oktober 2022. PSI mencalonkan Ganjar sebagai calon presiden dan Yenni Wahid sebagai calon wakil presiden. 

"Dari hasil rembuk rakyat itu kami mengumumkan bahwa PSI akan mencalonkan Pak Ganjar Pranowo sebagai capres di 2024," mengulang kembali pernyataan Grace Natalie, Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, yang disampaikan pada Senin (3/10/2022).

PSI memilih Ganjar untuk pilpres karena Gubernur Jateng ini mendapat hasil polling paling tinggi dibandingkan kandidat lainnya. Selain itu, Ganjar juga dinilai memiliki sikap kebangsaan yang sejalan dengan perjuangan PSI. 

Partai Hanura

Partai Hanura turut muncul sebagai pihak yang mendukung Ganjar Pranowo maju sebagai capres 2024. Dukungan Partai Hanura kepada Ganjar diungkapkan setelah Megawati Soekarnoputri resmi mengusung Ganjar sebagai capres dalam pemilu tahun depan. 

“Itu sebabnya tadi malam begitu setelah Ibu Mega mengumumkan di depan Presiden RI saya yakin itulah pilihan Pak Jokowi yang saya tunggu-tunggu dan saya ikut serta mendukung Ganjar Pranowo menjadi Presiden Republik Indonesia yang akan datang," kata Oesman Sapta Odang, Ketum Partai Hanura, kepada wartawan pada Sabtu (22/4/2023).

OSO juga menyatakan bahwa seluruh DPD dari Partai Hanura telah sepakat mendukung Ganjar Pranowo. Menurutnya Ganjar adalah figur pemimpin yang berpihak kepada rakyat dan daerah, sebagaimana pemimpin yang dibutuhkan masyarakat Indonesia. 

Partai Persatuan Pembangunan (PPP)

Muhammad Mardiono, Plt Ketum PPP, mengumumkan partainya mengusung Ganjar Pranowo sebagai capres 2024. Pernyataan ini ia sampaikan langsung di kediamannya di Pakem, Sleman, DIY. 

Dalam penyampaian dukungan terhadap Ganjar, hadir juga Ketua Majelis Pertimbangan PPP Muhammad Romahurmuziy, fungsionaris PPP dari seluruh daerah, dan tamu undangan. Keputusan tersebut berdasarkan hasil rapat pimpinan nasional V PPP yang dilaksanakan pada Selasa (25/4). 

Mardiono mengatakan bahwa koalisi yang terbentuk dalam KIB merupakan kerja sama dalam satu keputusan politik maupun gagasan. Keputusan tersebut bukan hal yang mengikat atau mempengaruhi internal partai masing-masing. 

Demikianlah ulasan daftar partai politik pendukung Ganjar Pranowo sebagai capres dalam pemilu mendatang. Pesta demokrasi 2024 tinggal menunggu hitungan bulan. Saat ini, sudah ada dua nama yang diusung untuk maju sebagai capres, yaitu Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.