Kebab Asal Turki Ini Sukses Diluncurkan ke Stratosfer Beberapa Jam Sebelum Waktu Berbuka Puasa
Ilustrasi Adana Kebab. (Wikimedia Commons/Garrett Ziegler)

Bagikan:

JAKARTA - Turki mungkin membutuhkan waktu bertahun-tahun lagi untuk mengirim seseorang ke luar angkasa, tetapi seorang pemilik restoran berusaha mencobanya dengan awal yang sederhana: hidangan kebab Adana yang lezat dari provinsi selatan yang terkenal.

Beberapa jam sebelum makan malam berbuka puasa bagi umat Muslim, serta setelah melalui persiapan yang matang, Yaşar Aydın meluncurkan sepiring kecil kebab 'pipa' ke stratosfer.

Kebab "pipa" adalah hidangan trendi baru di Adana, di mana kebab pedas dan hati menarik penggemar masakan Turki. Dibungkus di sekitar pipa baja, bukan ditusuk sate agar lebih segar, kebab 'pipa' menjadi ekspor Turki pertama ke luar angkasa pada 12 April lalu.

Aydın awalnya berencana untuk meluncurkan kebabnya ke luar angkasa selama festival baru-baru ini di kota itu, tetapi kondisi cuaca yang tidak mendukung menunda peluncuran tersebut.

Akhirnya pada Hari Selasa, dengan bantuan pengusaha lokal Idris Albayrak, Aydın mencapai mimpinya. Albayrak, yang juga mahasiswa teknik luar angkasa, merencanakan semua tahapan peluncuran ke stratosfer.

Sebuah kotak khusus dirancang untuk menempatkan kebab agar tahan terhadap suhu ekstrim di langit. Kotak itu, dilengkapi dengan kamera dan alat pelacak, dilekatkan pada balon helium. Sementara itu, Aydın tidak lupa menambahkan lauk pauk ke kebab seperti yang dia sajikan untuk pelanggannya di Bumi, mulai dari bawang hingga salad.

Duo ini memilih 12 April karena itu juga bertepatan dengan Hari Internasional Penerbangan Antariksa Manusia, peringatan penerbangan legendaris kosmonot Soviet Yuri Gagarin ke tempat yang tidak diketahui.

Namun, tujuan kebab kurang lebih jelas, sekitar 38 kilometer (24 mil) di atas langit Adana. Di tengah tepuk tangan dan tatapan penasaran para penonton, kotak itu diluncurkan ke luar angkasa untuk penerbangan yang memakan waktu sekitar tiga jam. Setelah balon meledak, perjalanan kembali ke Bumi dimulai. Kotak kebab jatuh ke laut di lepas Pantai Hatay, Provinsi Turki selatan, di tempat sekitar 121 kilometer jauhnya dari lokasi peluncuran.

Aydın dan yang lainnya mengangkat kotak dari laut, dengan isinya sebagian besar utuh, kecuali beberapa potong yang tampaknya digigit oleh ikan, yang jelas-jelas terkejut dengan manna harfiah dari surga ini, tetapi rasanya terlalu pedas dan karnivora.

"Saya pikir alien mengirimnya kembali karena terlalu banyak merica. Saya akan mengirim hidangan dengan sedikit merica lain kali," canda Aydın saat dia mengambil kotak itu dan bersumpah untuk melanjutkan usahanya untuk menembakkan hidangan terkenal itu lebih jauh ke luar angkasa, seperti melansir Daily Sabah 12 April.

"Saya senang untuk mempromosikan kota kami dan masakan kami. Saya suka menjadi yang pertama dalam sesuatu," pungkasnya kepada wartawan yang menyaksikan peluncuran dan kembalinya kebab tersebut.