Polda Kalsel Antisipasi Pencurian Rumah Kosong saat Mudik Lebaran
Kapolda Kalsel Irjen Rikwanto bersama forkopimda saat apel gelar pasukan Operasi Ketupat Intan 2022. (ANTARA/Firman)

Bagikan:

BANJARBARU - Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Selatan mengantisipasi aksi pencurian rumah kosong saat mayoritas rumah ditinggal mudik pemiliknya selama Lebaran 2022.

"Saya sudah perintahkan anggota untuk meningkatkan patroli karena aksi pembobolan rumah rawan terjadi saat seperti ini (mudik)," kata Kapolda Kalsel Irjen Rikwanto di Banjarbaru dilansir Antara, Jumat, 22 April

Dia mengimbau masyarakat dapat menginformasikan kepada Bhabinkamtibmas jika rumah ditinggal mudik sehingga petugas mengetahui dan mengawasinya.

Hal itu, katanya, agar dapat dilakukan pengawasan melalui patroli serta peran aktif warga sekitar untuk membantu keamanan lingkungan tempat tinggal mereka.

"Jadi warga yang tidak mudik bisa membantu mengawasi, kalau ada orang mencurigakan masuk rumah kosong dapat diketahui dan segera dilaporkan kepada petugas polsek setempat," jelas Kapolda.

Segala potensi tindak pidana dan gangguan kamtibmas, menurut Rikwanto, perlu diantisipasi karena menjelang Hari Raya Idulfitri 1443 H kerap diiringi aksi kriminalitas seiring meningkatnya kebutuhan ekonomi masyarakat.

Untuk itu, diimbau Kapolda, masyarakat jangan memakai perhiasan mencolok ketika ke luar rumah bagi wanita dan tetap waspada.

Untuk menjaga kamtibmas selama Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah, Polda Kalsel mendirikan 22 pos pengamanan dan 11 pos pelayanan dalam Operasi Ketupat Intan 2022 selama 12 hari terhitung mulai 28 April sampai 9 Mei 2022.