Bawaslu-DPR Gelar Rapat PKPU dan Anggaran Pemilu 2024 Besok
DOK VIA ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Bawaslu Rahmat Bagja mengatakan Bawaslu dan DPR akan menggelar rapat dengar pendapat tentang PKPU dan anggaran pemilu, Rabu, 13 April.

"Pembicaraan masalah pembahasan rapat dengar pendapat untuk besok hari mengenai PKPU tahapan-tahapan yang akan dibahas, kemudian kedua adalah mengenai anggaran pemilihan umum yang akan dibicarakan," kata Rahmat Bagja dilansir Antara, Selasa 12 April.

Bawaslu sudah membicarakan soal PKPU dan anggaran pemilihan umum tersebut dalam rapat pleno pertama usai dilantik sebagai anggota Bawaslu RI periode 2022-2027.

"Nah itulah yang kita bicarakan pada saat tadi (pleno)," kata Bagja.

Selain soal PKPU dan anggaran pemilu, rapat pleno menurut dia juga membahas penentuan Ketua Bawaslu, pembagian wilayah pengawasan, dan divisi pengawasan.

Selain itu, kata dia pleno juga menentukan cara-cara pengambilan keputusan pimpinan Bawaslu untuk lima tahun ke depan.

 "Prinsip dalam menjalankan lembaga badan pengawas pemilu kolektif kolegial, kemudian kedua adalah ke depan permasalahan, perbincangan atau seluruh perdebatan akan diselesaikan dengan rapat pleno pengambilan keputusan," katanya.

Selain itu Rahmat Bagja juga menegaskan anggota Bawaslu terbuka atas informasi yang dibutuhkan yang akan didistribusikan melalui media massa.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) masa jabatan 2022-2027 di Istana Negara, Jakarta, Selasa.

Presiden melantik anggota KPU dan Bawaslu berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 33P Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan Keputusan Presiden RI Nomor 34P Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).