Komisi II DPR Akan Bahas PKPU dan  Finalisasi Anggaran Pemilu Akhir Pekan Ini
ILUSTRASI DOK VOI

Bagikan:

JAKARTA - Komisi II DPR akan menggelar rapat bersama pemerintah, KPU dan Bawaslu untuk membahas rancangan Peraturan KPU (PKPU) dan Peraturan Bawaslu (Perbawaslu) pada akhir pekan ini. Selain itu juga akan dibahas finalisasi anggaran untuk Pemilu 2024. 

Anggota Komisi II DPR Muhammad Rifqinizamy Karsayuda, mengatakan pihaknya akan melakukan pendalaman terkait PKPU dan Perbawaslu pada Jumat 13 Mei hingga Minggu 15 Mei 2022. Seiring dengan disetujuinya hari pencoblosan pada 14 Februari 2024.

“Tanggal 13 hingga 15 Mei yang akan datang kami akan melakukan pendalaman terkait dengan rancangan PKPU dan rancangan Perbawaslu bersama pemerintah, KPU dan Bawaslu," ujar Rifqi, Kamis, 12 Mei. 

Komisi II DPR, lanjut Rifqi, juga akan membahas terkait finalisasi anggaran Pemilu 2024.

KPU sebelumnya telah mengusulkan anggaran sebesar Rp 76,6 triliun yang merupakan hasil rasionalisasi dan penghitungan ulang dari pengajuan sebelumnya sebesar Rp 86 triliun.

“Ini adalah sinyal positif di semua pihak yang berkepentingan dalam penyelenggaraan pemilu 2024. Bahwa, agenda demokrasi konstitusional kita akan berjalan sesuai dengan harapan kita bersama,” kata Rifqi.