Jubir Luhut Bantah Kehadiran Bosnya di Silatnas APDESI untuk Mobilisasi Dukungan Jokowi Tiga Periode: Itu Spontanitas
Foto: BPMI Setpres/Lukas

Bagikan:

JAKARTA - Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, Jodi Mahardi membantah hadirnya bos nya di acara Silaturahmi Nasional (Silatnas) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) pada Selasa, 29 Maret lalu untuk memobilisasi dukungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiga periode.

Kalaupun kepala desa memberikan dukungan tiga periode kepada Presiden Jokowi, kata Jodi, itu terjadi karena spontanitas.

"Enggak ada upaya-upaya atau peran Pak Menko Luhut untuk suarakan perpanjangan atau tiga periode. Ini semua spontanitas peserta saja," kata Jodi kepada wartawan dalam keterangan tertulis yang dikutip Sabtu, 2 April.

Jodi menilai, puluhan kepala daerah itu senang melihat kinerja Jokowi sebagai presiden. Karenanya, wajar bila muncul dukungan secara spontan.

Di samping itu, para kepala desa ini lelah melihat elite politik sudah saling berjumpa membicarakan masalah tersebut.

"Mungkin juga mereka senang lihat presiden dan capek juga kali ngelihat elite politik saling kunjung ke kantor masing-masing di media," ungkapnya.

Lebih lanjut, Jodi mengatakan, pihak yang menuduh Luhut melakukan mobilisasi ke APDESI sama saja dengan menghina niat tulus para kepala desa. Sebab, mereka sebenarnya hanya ingin aspirasinya didengar oleh kepala negara.

"Para penuduh harus turun ke desa mungkin. atau mungkin informasi dari kadernya di desa tidak sampai ke para elit," tegas Jodi.

Diberitakan sebelumnya, APDESI menyatakan dukungannya agar Presiden Jokowi kembali menjabat ketiga kalinya pada 2024 mendatang. Dukungan tersebut disampaikan saat Jokowi menghadiri pembukaan silaturahmi nasional Apdesi di Istora Senayan, Jakarta.

Jokowi saat itu hadir bersama sejumlah menterinya. Termasuk Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan yang sempat berbincang dengan para kepala desa. Selanjutnya, APDESI akan melakukan deklarasi terhadap dukungan mereka ini. Rencananya, hal ini akan dilakukan setelah lebaran tahun ini.