APDESI Tegaskan Tak Ada Luhut Binsar Pandjaitan di Balik Langkah Dukung Jokowi 3 Periode
Silaturahmi nasional Apdesi di Istora Senayan/Youtube Sekretariat Presiden

Bagikan:

JAKARTA - Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) membantah ada campur tangan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan terkait dukungan mereka agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjabat tiga periode.

Ketua APDESI Surtawijaya menegaskan, tidak ada yang mengarahkan kepala desa untuk menyuarakan dukungan agar Jokowi menambah masa jabatannya selama satu periode. Dia menyatakan, seorang kepala desa tidak bisa dipaksa untuk menyatakan sesuatu.

"Enggak ada. Mana ada kepala desa diarahin? Kita enggak mau ada urusan kayak gitu tapi pure (Murni). Pure gini," kata Surtawijaya kepada wartawan di Jakarta yang dikutip Rabu, 30 Maret.

Dia menyatakan dukungan ini juga tak ada sangkut pautnya dengan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan. Bahkan, dia mengaku, salah satu pihak yang melarang Apdesi melakukan deklarasi dukungan Presiden Jokowi tiga periode hari ini adalah Luhut.

"Enggak ada (arahan Luhut, red). Dia melarang malah. Ketemu saja dilarang, kamu jangan cerita-cerita begitu. Sudah saya enggak berani ngomong. Tadi saya sudah mau teriak tiga periode tapi dilarang semua," ungkapnya.

Lebih lanjut, Surtawijaya mengatakan dukungan yang diberikan APDESI agar Jokowi menjabat tiga periode karena beberapa hal. Salah satunya, Jokowi dianggap memedulikan desa dan dinilai bisa makin membawa kebaikan.

"Ini bukan cerita, infi fakta. Siapapun pemimpinnya, bukan basa-basi dideklarasikan apa yang kita inginkan (kemudian, red) beliau (Jokowi, red) kabulkan. Sekarang kita punya timbal balik," tegasnya.

"Beliau peduli sama kita, itulah harapan kita siapa tahu ke depan semua lebih baik. Teman-teman tadi (kemarin, red) sepakat tiga periode. Lanjutkan," imbuh Surtawijaya.

Diberitakan sebelumnya, APDESI menyatakan dukungannya agar Presiden Jokowi kembali menjabat ketiga kalinya pada 2024 mendatang. Dukungan tersebut disampaikan saat Jokowi menghadiri pembukaan silaturahmi nasional Apdesi di Istora Senayan, Jakarta.

Jokowi saat itu hadir bersama sejumlah menterinya. Termasuk Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan yang sempat berbincang dengan para kepala daerah. Selanjutnya, APDESI akan melakukan deklarasi terhadap dukungan mereka ini. Rencananya, hal ini akan dilakukan setelah lebaran tahun ini.