Jokowi 3 Periode Kembali Bergema, Kali Ini Disuarakan Ribuan Kepala Desa di Pembukaan Silaturahmi Nasional APDESI
Presiden Jokowi menghadiri pembukaan silaturahmi nasional Apdesi di Istora Senayan, Jakarta/tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Bagikan:

JAKARTA - Kepala desa yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) berencana mendeklarasikan dukungan agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjabat tiga periode.

Ketua Umum Apdesi Surtawijaya menyatakan deklarasi ini sebenarnya akan dilakukan hari ini saat Jokowi menghadiri pembukaan silaturahmi nasional Apdesi di Istora Senayan, Jakarta. Hanya saja, pendeklarasian tersebut urung dilakukan karena mendapat pelarangan dari banyak pihak.

"Habis lebaran kami deklarasi. Teman-teman di bawah kan ini bukan cerita, ini fakta," kata Surtawijaya kepada wartawan di Jakarta, Selasa, 29 Maret.

"Tadinya mau hari ini, dilarang sama semua," imbuhnya.

Surtawijaya mengatakan, dia dan kepala daerah lain sepakat mendukung Jokowi untuk menjabat selama tiga periode. Sebab, Jokowi dianggap memedulikan desa dan dinilai bisa makin membawa kebaikan.

Dirinya juga menegaskan tidak ada yang mengarahkan kepala desa untuk menyuarakan dukungan agar Jokowi menambah masa jabatannya selama satu periode. Surtawijaya menyatakan seorang kepala desa tidak bisa dipaksa untuk menyatakan sesuatu.

"Enggak ada. Mana ada kepala desa diarahin? Kita enggak mau ada urusan kayak gitu tapi pure. Pure gini," tegasnya.

Surtawijaya juga mengatakan dukungan ini tak ada sangkut pautnya dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Bahkan, dia mengaku, salah satu pihak yang melarang Apdesi melakukan deklarasi dukungan Presiden Jokowi tiga periode hari ini adalah Luhut.

"Enggak ada (arahan Luhut, red). Dia melarang malah. Ketemu saja dilarang, kamu jangan cerita-cerita begitu. Sudah saya enggak berani ngomong. Tadi saya sudah mau teriak tiga periode tapi dilarang semua," ungkapnya.

Dalam acara pembukaan silaturahmi Apdesi itu, seorang kepala desa dari Provinsi Aceh Tenggara, Muslim, sempat menyebut langsung di hadapan Presiden Jokowi dia mendukung Presiden Jokowi tiga periode.

Awalnya, Luhut yang juga hadir di acara tersebut memberi waktu bagi para perwakilan Apdesi untuk menyampaikan aspirasinya.

Kepada Luhut, Muslim menyampaikan kalau terdapat Taman Nasional Gunung Leuser di wilayahnya. Ia bercerita kalau sebelum Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjabat, para petani kerap ditangkap di sana.

Selain itu, tanaman yang berada di Taman Nasional tersebut juga kerap ditebang. Hanya saja, kondisi itu berubah setelah Jokowi resmi menjadi Presiden pada 2014 lalu.

Setelah menyampaikan aspirasinya, Muslim yakin Luhut dan Jokowi bisa mendengarkan masukan darinya. Dia kemudian meneriakan Jokowi tiga periode.

"Saya yakin bapak bisa mengabulkannya dan pak presiden bisa mengabulkannya. Jokowi 3 periode. Setuju?," tuturnya.

Mendengar hal tersebut, peserta dari Apdesi turut menjawab secara kompak. "Setuju!" teriak para peserta lainnya.